Home / Berita / Internasional / Asia / Demokrasi Turki Sangat Layak Dicontoh

Demokrasi Turki Sangat Layak Dicontoh

Ilustrasi. (edition.cnn.com)
Ilustrasi. (edition.cnn.com)

dakwatuna.com – Ankara. Direktur The Arab Network for National Human Rights Institutions, Mousa Brezat, memuji proses demokrasi di Turki. Menurutnya, demokrasi di Turki sangat layak untuk dijadikan contoh.

“Pengalaman demokrasi Turki adalah contoh yang sangat layak ditiru di kawasan Timur Tengah,” demikian ungkapnya seperti dilansir Yeni Safak, Rabu (4/11/2015) kemarin.

Brezat melanjutkan, “Kalau gerakan-gerakan atau jamaah-jamaah Islam di Timur Tengah meniru cara Turki, sejak tahun 2000 atau sebelumnya, maka kondisi di Timur Tengah akan sangat berbeda dengan kondisi saat ini.

Menurutnya, pengalaman pemilu di Turki membuktikan bahwa kembali ke demokrasi dan pemilu adalah solusi dalam permasalahan politik. Demokrasi adalah jalan untuk mengatur masyarakat, dan menjaga keutuhannya.

“Demokrasi yang dijalankan secara benar, disertai kebebasan berpendapat, ditegaknya hukum yang dilaksanakan dengan independen oleh para hakim, pasti akan memberikan hasil yang sangat positif. Inilah yang terjadi di Turki kemarin,” katanya.

Tentang pemenang pemilu, AKP, Brezat mengatakan, “AKP sudah berbuat banyak untuk Turki, sehingga sangat layak untuk menang. Caranya dalam mengelola pemerintahan membuktikan partai ini layak untuk berkuasa lagi.” (msa/dakwatuna)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Arab dan Israel Semakin Mesra, Palestina Kian Dilena

Organization