Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Perdamaian Suku Kurdi Bisa Terancam Pasca Pemilu Legislatif Turki

Perdamaian Suku Kurdi Bisa Terancam Pasca Pemilu Legislatif Turki

Pasukan PKK. (Turkey Post)
Pasukan PKK. (Turkey Post)

dakwatuna.com – Ankara. Wakil perdana menteri Turki, Yalcin Akdogan, mengatakan bahwa pemilu legislatif kali ini sangat penting bagi masa depan perdamaian Turki di Kurdi. Kekalahan Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP), menurutnya, sama saja menghentikan proses perdamaian tersebut.

Seperti disampaikannya kepada suratkabar Yeni Akit, dan dinukil Turkey Post, Jumat (5/6/2015) kemarin, Akdogan mengatakan, “Jika AKP tidak menang dalam pemilu kali ini, dan tidak memimpin Turki, maka kita wajib membaca surat Al-Fatihah kepada proses perdamaian. Proses ini telah mati.”

Turki, menurutnya, akan kehilangan banyak hal. Semua keberhasilan yang kita raih dalam proses perdamaian selama ini akan hilang sia-sia. Apalagi saat ini Partai Buruh Kurdistan (PKK) banyak melakukan tindakan intimidasi kepada warga Kurdi untuk memilih para calon legislatif dari Partai Rakyat Demokratik (HDP), wakil minoritas Kurdi, pada pemilu kali ini.

Akdogan mengatakan, “Aku tidak tahu, aku bingung sendiri. Kami sebagai pemerintah ingin memberikan hak-hak warga Kurdi yang mengalami kezhaliman pada masa-masa yang lalu. Tapi kami saat ini menandatangani perjanjian dengan partai yang hanya menjadi boneka partai lain yang masih melakukan teror dan tindakan di luar hukum (PKK).” (msa/dakwatuna)

Sumber: Turkey Post

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Komunitas Muslim Jerman Minta Aparat Jaga Seluruh Masjid

Figure
Organization