Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Davutoglu Tegaskan Pensiun dari Memimpin AKP Jika Gagal dalam Pileg Turki Mendatang

Davutoglu Tegaskan Pensiun dari Memimpin AKP Jika Gagal dalam Pileg Turki Mendatang

Ahmet Davutoglu. (Anadolu)
Ahmet Davutoglu. (Anadolu)

dakwatuna.com – Ankara. Perdana menteri Turki sekaligus ketua Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP), Ahmet Davutoglu, kembali menegaskan janjinya meninggalkan kepemimpinan AKP jika gagal meraih kemenangan dalam pileg Juni mendatang.

Davutoglu menegaskan hal tersebut karena semua pimpinan partai oposisi diyakininya tidak mungkin berani berkata demikian. Hal itu dinyatakannya dalam kampanye di depan massa pendukung AKP di kota Kayseri, Turki bagian tengah, Jumat (29/5/2015) kemarin.

Dalam kesempatan itu, Davutoglu menyatakan, “Jika AKP gagal menempati urutan pertama dalam perolehan suara dalam pemilu legislatif mendatang, maka aku akan meninggalkan jabatanku di partai untuk kawan yang lain. Kukatakan hal ini karena para pemimpin partai yang lain tidak mungkin berani mengatakannya. Mereka sama sekali tidak berpikir untuk memenangkan pemilu. Karena mereka hanya memainkan permainan kecil di lapangan yang sempit.”

Menurut Davutoglu, partai-partai oposisi diperkirakan hanya akan mempertahankan persentase perolehan suara pemilu yang telah lalu, 25%, 13% dan 14%. Tapi ada satu partai yang berambisi menang, masuk parlemen untuk membawa negara ini kepada kekacauan. Davutoglu ingin menyinggung partai oposisi besar, Partai Rakyat Demokratik (HDP).

Saat ini Turki sudah memasuki hitung surut dilakukannya pemilu legislatif yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 Juni tahun depan. Pemilu ini diikuti oleh 20 partai politik, dan 165 calon independen. (msa/dakwatuna)

Sumber: Anadolu

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Ini Alasan Turki Beli Sistem Pertahanan dari Rusia

Figure
Organization