Home / Berita / Internasional / Asia / AKP Kalah Kursi, Menang Sejarah dan Demokrasi

AKP Kalah Kursi, Menang Sejarah dan Demokrasi

Fahmi Huwaidi (middleeastmonitor.com)
Fahmi Huwaidi (middleeastmonitor.com)

dakwatuna.com – Ankara. Pemikir Mesir, Fahmi Huwaidi, menampik persepsi yang sementara ini menyebar bahwa pada pemilu Turki kemarin, Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) mengalami kekalahan. Sebaliknya, AKP yang terkenal dengan tokoh Erdogannya memenangkan sejarah dan demokrasi.

Seperti dilansir Islammemo, Selasa (9/6/2015) kemarin, Huwaidi mengatakan, “AKP dan Erdogan hanya rugi kursi. Tapi partai penguasa ini telah memenangkan sejarah dan demokrasi. Merekalah yang telah menghadiahkan 80 kursi untuk bangsa Kurdi.”

Huwaidi menambahkan, “Hasil penghitungan suara pemilu legislatif kemarin membuktikan bahwa AKP sebagai partai penguasa tidak memonopoli kekuasaan selama beberapa tahun berkuasa. Buktinya hasil pemilu tidak seperti yang mereka targetkan.”

Tentang kondisi politik yang mungkin terjadi di waktu dekat ini, Huwaidi mengatakan bahwa tidak akan terjadi perubahan politik luar negeri Turki. Yang terjadi adalah gangguan pada stabilitas ekonomi beberapa hari menjelang pembentukan kabinet.

Hasil penghitungan suara terakhir (99.99%) Senin lalu, menunjukkan  AKP mendapat 40.86%  (258 kursi), CHP: 24.96 % (132 kursi), MHP: 16.29% (80 kursi), HDP: 13.12% (80 kursi), dan Partai lain: 4.79%. (msa/dakwatuna)

Sumber: Islammemo

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Pecahkan Kaca dengan Kepala, WN Turki Ini Selamat dari Serangan Teroris di Selandia Baru

Organization