Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / (Video) Sebuah Iklan Media Diduga Merupakan Kode Rencana Kudeta di Turki

(Video) Sebuah Iklan Media Diduga Merupakan Kode Rencana Kudeta di Turki

dakwatuna.com – Sebuah video iklan milik Harian Zaman diduga merupakan kode atau isyarat mengenai rencana kudeta di Turki. Iklan tersebut diunggah ke YouTube pada tanggal 13 Oktober 2015 oleh akun “Zaman TV” dengan judul “Zaman Gazetesi reklam filmi- Sükutun Çığlığı-5-Ekim 2015”, yang artinya “Film iklan Harian Zaman – Tangisan/Jeritan dalam Kesunyian – 5 Oktober 2015”.

Video iklan komersial yang berdurasi 20 detik itu dimulai dengan suara sirene yang cukup keras dengan gambar area sebuah kota, lalu kemudian muncul seorang bayi yang tertawa cekikikan.

Suara sirene dan gambaran kota, diduga merupakan kode kudeta. Sementara itu usia kandungan bayi yang normalnya sekitar 9 bulan, juga diduga merupakan hubungan antara tanggal pada judul video dengan tanggal rencana kudeta. Antara tanggal terjadinya percobaan kudeta 15 Juli 2016 dengan tanggal pada judul video tersebut di YouTube berjarak 9 bulan 10 hari, kira-kira sama dengan usia kandungan bayi yang menjadi icon pada iklan tersebut.

Anadolu Agency mengabarkan bahwa seorang mantan eksekutif periklanan dari harian Zaman, Yakup Simsek, dibawa ke tahanan pada hari Sabtu tanggal 6 Agustus 2016 yang lalu, untuk diselidiki terkait kontroversi iklan tersebut.

Harian Zaman adalah media di Turki yang berafiliasi ke Fetullahçı Terör Örgütü atau organisasi teror Fethullah yang disingkat FETO. Sejak bulan Maret 2016 harian tersebut ditutup oleh Pemerintah Turki. Fethullah Gulen sendiri saat ini berada di Amerika Serikat. (dakwatuna.com/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization