Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Erdogan: Kita Telah Berhasil Kalahkan Beragam Konspirasi

Erdogan: Kita Telah Berhasil Kalahkan Beragam Konspirasi

Erdogan berpidato dihadapan jutaan rakyatnya. (haber3hilal.com)
Erdogan berpidato dihadapan jutaan rakyatnya. (haber3hilal.com)

dakwatuna.com – Istanbul. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memuji rakyatnya yang berhasil menghentikan upaya kudeta militer. Seperti dikutip situs Aljazeera.net, Ahad (7/8/2016).

Pernyataan Erdogan ini disampaikan dalam pidatonya dihadapan 5 juta lebih rakyat Turki yang berkumpul di Istanbul, dalam rangka menyatukan langkah mengutuk upaya kudeta militer yang terjadi 15 Juli 2016 lalu.

Dalam kesempatan itu Erdogan menyampaikan apresiasinya kepada rakyat Turki yang telah mengorbankan nyawanya demi negara. “Dari 240 orang yang tewas dalam kudeta, 170 orang diantaranya adalah rakyat sipil. Dan pengorbanan ini menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi rakyat Turki yang berhasil menggagalakan upaya kudeta,” jelasnya.

Erdogan juga menegaskan, berbagai konspirasi menyerang Turki untuk menggulingkan pemerintahan yang sah dan itu semua berakhir gagal. “Kita melewati beragam upaya konspirasi lokal maupun internasional, dan kini upaya mereka semua terbukti gagal berkat kekuatan rakyat,” ujarnya dengan penuh bangga.

Terkait dengan Fathullah Gulen, Erdogan berjanji bahwa Gulen dengan jejaringnya akan dibersihkan dari pemerintahan. Bahkan hukuman mati sudah disiapkan untuk mereka kalau rakyat sepakat. “Kalau rakyat menginginkan, kita akan kembali terapkan hukuman (mati) itu,” jelas Erdogan, sembari memaparkan bahwa banyak negara yang juga masih memberlakukan hukuman tersebut.

Terkait dengan sikap Jerman yang melarang siaran pidato Erdogan untuk para pendukungnya di Cologne beberapa waktu lalu, dan sebaliknya membolehkan hal itu kepada gerakan separatis, Erdogan mengatakan, “Barat akan menyesal atas perbuatan mereka yang mendukung kelompok teroris.” (msy/dakwatuna)

Redaktur: Muh. Syarief

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Wakil Direktur Studi Informasi Alam Islami (SINAI) Mesir 2008

Lihat Juga

Ini Alasan Turki Beli Sistem Pertahanan dari Rusia

Figure
Organization