Home / Berita / Internasional / Asia / Etnik Kurdi Benteng Khilafah Utsmaniyah, Kenapa Memberontak Turki Sekarang? (Bagian 1)

Etnik Kurdi Benteng Khilafah Utsmaniyah, Kenapa Memberontak Turki Sekarang? (Bagian 1)

Etnik Kurdi di Turki . (akhbaralaalam.net)
Etnik Kurdi di Turki . (akhbaralaalam.net)

dakwatuna.com – Ankara. Ketika memperhatikan Turki, kita bisa menemukan hubungan yang rumit dan cukup unik antara bangsa Kurdi dan bangsa Turki.

Informasi yang disajikan media Barat berusaha menggambarkan adanya hubungan buruk antara Kurdi-Turki. Ada persaingan bahkan permusuhan antara keduanya.

Sebenarnya, Turki adalah contoh sebuah negara yang berhasil menaungi berbagai etnik yang sangat beragam. Ada Arab, Kurdi, Sirkasia, Albania, Armenia dan lainnya. Dengan demikian, Turki adalah sebuah negara multi etnik.

Namun demikian, etnik Kurdi mempunyai posisi tersendiri karena mempunyai populasi terbesar kedua setelah etni Turki. Sejak dari dulu, etnik Kurdi sudah hidup damai sekampung dan sekota dengan Turki dan Armenia. Sama halnya etnik-etnik Islam yang hidup dalam naungan negara Khilafah Utsmaniyah.

Banyak yang menilai, Kurdi termasuk etnik yang konservatif lebih dari etnik-etnik Turki yang lainnya. Hal itu disebabkan kondisi domisili mereka yang merupakan daerah pegunungan, dan banyaknya jumlah ulama di kalangan mereka. (msa/dakwatuna)

Etnik Kurdi… (Bagian 2)

Etnik Kurdi… (Bagian 3)

Etnik Kurdi… (Bagian 4)

Etnik Kurdi… (Bagian 5)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Di Hadapan Anggota Dewan, Basar Assad ‘Serang’ Erdogan

Figure
Organization