Home / Berita / Internasional / Asia / Etnik Kurdi Benteng Khilafah Utsmaniyah, Kenapa Memberontak Turki Sekarang? (Bagian 4)

Etnik Kurdi Benteng Khilafah Utsmaniyah, Kenapa Memberontak Turki Sekarang? (Bagian 4)

Said Nursi. (wikimedia.org)
Said Nursi. (wikimedia.org)

dakwatuna.com – Ankara. Dalam sejarah, Kurdi adalah etnik yang sangat setia dan loyal kepada negara Khilafah Utsmaniyah. Mereka telah mendukung Sultan Bayezid menghadapi serangan Tamerlane dari Mongol. Padahal saat itu kebanyakan etnik saat itu malah mendukung Tamerlane.

Sejarah juga belum mencatat revolusi etnik Kurdi melawan Khilafah Utsmaniyah. Tidak seperti etnik Turkmen yang beberapa kali melakukan revolusi. Misalnya revolusi Karman melawan Sultan Muhammad Al-Fatih.

Bahkan setelah runtuh pun, etnik Kurdi tetap mendukung Khilafah Utsmaniyah. Mereka menolak sama sekali pembentukan negara republik. Mereka pun melakukan perlawanan bersenjata seperti yang dilakukan Sheikh Said Piran, dan perlawanan pemikiran yang dipelopori Sheikh Said Nursi.

Etnik Kurdi terkenal dengan khazanah keilmuan Islam. Banyak lembaga pendidikan Islam yang mengajarkan ilmu-ilmu keislaman tersebar di wilayah tenggara Turki yang berpenduduk mayoritas etnik Kurdi. Perhatian mereka kepada keilmuan Islam memang luar biasa.

Karena itulah, banyak kalangan mereka (ulama) yang menjadi target kekejaman penguasa militer pasca republik. Penguasa sekular memerangi ulama dan kelompok yang berpegang teguh pada ajaran Islam, yang kebanyakan mereka berkonsentrasi di wilayah Kurdi. Banyak lembaga pendidikan di wilayah tersebut yang menjadi sasaran mereka. (msa/dakwatuna)

Etnik Kurdi… (Bagian 1)

Etnik Kurdi… (Bagian 2)

Etnik Kurdi… (Bagian 3)

Etnik Kurdi… (Bagian 5)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Di Hadapan Anggota Dewan, Basar Assad ‘Serang’ Erdogan

Organization