Topic
Home / Berita / Nasional / (Foto) Masyarakat Berbondong-Bodong Shalat Subuh Berjamaah Secara Nasional di Awal Tahun Baru Hijriah

(Foto) Masyarakat Berbondong-Bodong Shalat Subuh Berjamaah Secara Nasional di Awal Tahun Baru Hijriah

dakwatuna.com – 1 Muharram 1437 Hijriah yang bertepatan dengan tanggal 14 Oktober 2015, menjadi sangat istimewa bagi Indonesia. Hal ini dikarenakan sebanyak 7065 masyarakat Indonesia berkumpul di sembilan belas wilayah di Indonesia untuk melaksanakan shalat subuh berjamaah, dalam acara Grand Launching Gerakan Subuh Jamaah Nasional (GSJN) yang diselenggarakan oleh FSLDK Indonesia. Wilayah tempat dilaksanakannya Grand Launching GSJN ini antara lain: Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Bandung, Jakarta, Priyangan Barat, Yogyakarta, Solo, Semarang, Purwokerto, Surabaya, Malang, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Utara, Maluku, dan Bali.

Masjid Nurul Huda yang berlokasi di Universitas Sebelas Maret menjadi pusat kegiatan dari acara Grand Launching yang memiliki tagar #GSJN di media sosial ini. Kegiatan Grand Launching ini diawali dengan mabit bersama di tiap-tiap masjid kampus yang menjadi lokasi pelaksanaan. Konten yang disampaikan ketika mabit berbeda-beda di setiap daerah, salah satunya adalah kajian mengenai ‘Sejarah Islam di Indonesia’ di Masjid Nurul Huda UNS. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan saat dini hari dengan melaksanakan shalat Qiyamullail berjamaah, yang dilanjutkan dengan shalat subuh berjamaah di tiap-tiap masjid kampus.

Setelah shalat subuh, para peserta dengan khidmat mendengarkan kultum subuh oleh para asaatidz yang berbeda di tiap masjid kampus. Dalam kegiatan Grand Launching GSJN ini, dilaksanakan pula penggalangan dana untuk membantu korban bencana asap di Indonesia. Hingga saat ini, jumlah donasi yang terkumpul adalah sebesar Rp. 62.829.700,-. Donasi yang dikumpulkan dari 7065 jamaah ini, akan diserahkan kepada PKPU wilayah setempat untuk disalurkan kepada korban-korban yang tertimpa bencana asap. Jumlah donasi dan jamaah akan terus bertambah mengingat belum semua data diterima oleh Pusat Komunikasi Nasional (Puskomnas) FSLDK Indonesia.

“Mulai malam ini, gerakan ini bukan hanya milik FSLDK, tapi milik kita semua! Dan sebagaimana Grand Launching, pasti juga ada Grand Closing. Maka, saya ingin menyampaikan bahwa tanggal dan waktu Grand Closing gerakan ini akan kami informasikan kemudian. Namun untuk tempat, Insya Allah akan kita langsungkan di surga Firdaus kelak”, tutur Muhammad Syukri Kurnia Rahman, selaku Ketua Puskomnas FSLDK Indonesia. (dakwatuna/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Komunitas Muslim Jerman Minta Aparat Jaga Seluruh Masjid

Figure
Organization