Home / Berita / Daerah / Kisah Zyah Rizal Fadila, Bocah 11 Tahun Penjual Kue Keliling

Kisah Zyah Rizal Fadila, Bocah 11 Tahun Penjual Kue Keliling

Zyah Rizal Fadila (11). (Kompas.com)
Zyah Rizal Fadila (11). (Kompas.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Zyah Rizal Fadila (11), bocah kelas VI sekolah dasar (SD) ini menghabiskan waktunya selain untuk sekolah juga untuk berkeliling menjual sandwich, pizza, roti bakar, dan jus di atas sepedanya, di daerah Minomartani Ngaglik, Sleman, Yogyakarta.

Mulai start pukul 15.00 WIB, Rizal mengayuh sepedanya dengan sebuah boks plastik diboncengan belakang berisi aneka jus, dan keranjang merah bertutup plastik dengan diikat di setang yang berisi aneka kue.

Ada yang patut diapresiasi dan dijadikan inspirasi dari prinsip anak yang mulai berjualan keliling sejak kelas II SD itu. Yakni, jangan pernah sekali-kali mengasihaninya dengan memberinya uang lebih.

“Saya tolak. Saya tidak ingin dikasihani karena kondisi ini. Bapak mengajarkan saya lebih baik menutup tangan daripada membuka tangan,” kata Rizal, seperti yang dilansir kompas.com, Rabu (23/9) lalu.

Anak dari seorang tukang penjaja gas 3 kilogram (kg) dan air mineral itu, mengikuti jejak ibunya yang juga penjual kue. “Saya bilang ke ibu mau bantu jualan setelah pulang sekolah. Kata ibu enggak usah, tetapi saya ngotot ingi jualan,” tutur Rizal.

Rizal mendapat izin asal nilai pelajaran di sekolah tidak boleh turun. “Ya jauh, Mas (kelilingnya), tetapi enggl capek. Niatnya kan jualan untuk bantu orangtua,” ujar Rizal. Meski di awal-awal mendapat ejekan, namun kini teman da gurunya menjadi langganan Rizal.

“Diejek sama teman-teman, tetapi biarkan saja. Kan, usaha jualan ini halal,” imbuh Rizal.

Sebagian Hasil Penjualan Diinfakan

Dari hasil yang didapatkan dari berjualan…

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Pecahkan Kaca dengan Kepala, WN Turki Ini Selamat dari Serangan Teroris di Selandia Baru

Organization