Asal Muasal ISIS dan Perkembangannya

Pasukan ISIS (rassd)

Hingga kini masih simpang siur soal sumber pendanaan ISIS. Pihak yang membiayai, bisa kelompok intelijen yang berkepentingan secara regional, atau bisa juga ISIS di Suriah maupun Irak membiayai aktivitasnya dari sumber dana potensi daerah yang dikuasai. ISIS di Suriah menguasai sejumlah sumur minyak dan telah ada laporan terkait penjualan minyak mentah ke para pembeli lokal.

Baca selengkapnya »

Di Balik Pilpres Mesir dan Suriah

Ilustrasi. (inet)

Mengapa rezim kudeta di Mesir dan rezim Suriah memilih pilpres sebagai solusi? Apakah sah hasil pilpres yang digelar secara sepihak tanpa menyertakan seluruh komponen bangsa? Ada misi apa sebenarnya dibalik pilpres ini? Pertanyaan yang mengawali tulisan singkat ini muncul setelah membaca sikap cemas dari rezim di Mesir dan Suriah saat ini, yang tidak sanggup menahan gelombang revolusi menjalar ke negeri mereka sejak 2011 lalu.

Baca selengkapnya »

Beredar Foto Hoax Seputar Jenazah Hasil Eksekusi Hukuman Gantung di Mesir

Foto yang diklaim menggambarkan jenazah orang-orang yang telah dieksekusi hukuman mati di Mesir. Foto ini sebenarnya adalah foto ratusan anak dan orang dewasa yang gugur, akibat serangan gas beracun oleh pemerintahan diktator Assad di Suriah. Foto yang aslinya merupakan bidikan wartawan Reuters tersebut sudah beredar sejak sekitar 21 Agustus 2013. (dakwatuna/hdn)

Belakangan beredar foto yang menggambarkan jenazah yang berjejeran dengan tulisan sedemikian rupa, seolah-olah menggambarkan bahwa jenazah tersebut adalah mereka yang telah eksekusi hukuman mati. Dalam foto tersebut dilengkapi dengan tulisan berbahasa Indonesia, "Ikhwanul muslimin yang dihukum gantung sampai mati pada hari ini, mereka syahid, Allahhuakbar! Syurga untuk mereka. AL-FATIHAH....". Foto tersebut beredar di media sosial Twitter dan Facebook hari Kamis ini (27/3/2014).

Baca selengkapnya »

Kondisi Tragis Pengungsi Palestina di Suriah

Antrian di Suriah. (Foto: liputan6.com)

Organisasi Human Rights Watch menyebutkan, ada sekitar 1500 orang pengungsi Suriah yang ditahan oleh militer di penjara-penjara Mesir. 400 di antara mereka adalah pengungsi Palestina di Suriah. Pihak keamanan Mesir seakan tak menganggap mereka layaknya saudara seperti di masa presiden Mursi. Mereka hanya diberi pilihan tetap berada dalam tahanan hingga batas waktu yang tak ditentukan atau kembali ke Suriah.

Baca selengkapnya »