Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / DK PBB Kecam Seluruh Pihak di Ghouta dan Damaskus

DK PBB Kecam Seluruh Pihak di Ghouta dan Damaskus

Suasana Sidang DK PBB. (aljazeera.net)

dakwatuna.com – New York. Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) mengecam seluruh pihak yang terlibat di Ghouta dan Damaskus. Sebagaimana ditegaskan, Resolusi No. 2401 harus diterapkan di seluruh wilayah Suriah.

Dilansir Aljazeera.net, DK PBB menggelar sidang khusus membahas perkembangan di Suriah, Jumat (16/03/2018). Ketua Sidang, Kalr Storm menyebutkan, seluruh anggota sidang mengingatkan semua pihak di Suriah untuk mematuhi hukum kemanusiaan internasional.

Selain itu, anggota sidang kembali menyampaikan dukungan pada Utusan PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura agar membentuk komite konstitusi. Seluruh pihak terkait juga didesak untuk bekerja bersama de Mistura.

Sementara itu, Perwakilan Suriah di PBB Bashar al-Jafari mengatakan, rezim Suriah yang paling menjaga kehidupan rakyat. Rezim juga terus mengambil langkah untuk menjamin keamanan dan keselamatan rakyat. Ia juga menyebut sekitar 40.000 orang meninggalkan Ghouta Timur pada Kamis lalu.

Sedangkan Perwakilan Prancis dalam pidatonya menyebut rezim Suriah melakukan kejahatan perang. “Selain itu mereka juga melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan, pemerkosaan dan kelaparan sebagai alat dalam konflik dengan oposisi mereka,” tambahnya.

Dalam sidang itu, de Mistura juga menyampaikan pandangannya melalui video koferensi dari Brussel, Belgia. Ia menyebut keputusan gencatan senjata di seluruh Suriah tidak mungkin dilakukan secara terfragmentasi. “Gencatan senjata bukan opsional,” lanjutnya.

De Mistura menambahkan, “Kita menyaksikan perkembangan berbahaya di Suriah. Ini tentu menuntut adanya langkah segera.” Ia juga menegaskan Resolusi No. 2401 belum dihargai di wilayah Ghouta Timur. Bahkan ada laporan penggunaan unsur kimia Klur, dan ribuan penduduk meninggalkan Ghouta tanpa pendampingan PBB. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization