Topic Archives: Ramadhan

Renungan di Akhir Ramadhan

Barangkali di antara hikmah-Nya bahwa ramadhan tak lama adalah agar jiwa senantiasa setia dan merindukan ia kembali tiba. Sungguh, hakikat cinta bukan semata perasaan bahagia ketika hendak bersua, tapi juga perasaan duka ketika hendak berpisah dengannya. Dan sejatinya cinta ialah yang tak ingin melewatkan sedetikpun waktu berlalu tanpa membersamai yang dicintai di hari-hari terakhirnya.

Baca selengkapnya »

Inspirasi Idul Fitri

Setidaknya ada tiga inspirasi penting agar Idul Fitri atau hari Lebaran menjadi lebih bermakna bagi keluarga kita. Pertama, pembiasaan mengucapkan syukur atas nikmat yang begitu banyak selama Ramadhan sehingga kita mampu mengoptimalkan level aktivasi ibadah kita. Kedua, memperbanyak istigfar dan dzikir. Ketiga, menjalankan silaturahim yang meaningful.

Baca selengkapnya »

Khutbah Idul Fitri 1437 H: Agar Kemesraan Tak Segera Berlalu

Puasa menciptakan harmoni hubungan antar jasad dan ruh, antar fisik dan jiwa dan menjadikan jiwa sebagai pusat kendali. Harmoni hubungan antara langit dan bumi. Insan bertakwa adalah yang kakinya menjejak bumi namun kepalanya menjelajah langit. Yang berjalan di tengah manusia, bergaul dan bergumul, memberi dan menerima. Perkataan dan perbuatannya bersumber dari jiwa dan hati yang sepenuhnya berada dalam genggaman Ar-Rahman, Tuhannya. Itulah suasana Ramadhan yang indah dan penuh kemesraan.

Baca selengkapnya »

Khutbah Idul Fitri 1437 H: Nyalakan Iman Dalam Kehidupan, Refleksi Ibadah Puasa Ramadhan

Para ulama menyimpulkan, iman akan naik dan kokoh dengan menjalankan ibadah dan ketaatan. Begitu juga, ibadah dan ketaatan akan ringan dikerjakan ketika iman naik dan kokoh. Keduanya saling mempengaruhi. Sebaliknya, iman akan ringkih bahkan mati karena praktik maksiat dan dosa, wal’iyadzu billah. Di sinilah perjuangannya, kita berusaha menjaga dan merawat bahkan meningkatkan iman agar tetap naik dan kokoh dengan menjalankan ibadah dan ketaatan.

Baca selengkapnya »

Ramadhan Kekinian

Ramadhan kekinian maksudnya adalah Ramadhan yang diisi dengan berbuat kebaikan-kebaikan untuk mengumpulkan pahala sebanyak mungkin dengan waktu yang relatif singkat, dibungkus dengan cara yang kreatif, unik, sesuai dengan keadaan sekarang. Agar menjadi tren, populer, menginspirasi dan tentu saja tidak melanggar ketentuan syariat ya bro sist.

Baca selengkapnya »

Muhasabah Ramadhan

Misalnya saja kita telah berumur 40 tahun, apabila dihitung sejak pertama mencapai usia baligh yaitu 15 tahun maka kita telah 25 kali berjumpa dengan Ramadhan. Kemudian, yang menjadi persoalan adalah sudahkah kita mengoptimalkan momentum Ramadhan ini semaksimal mungkin? Apakah setiap tahunnya menjadi lebih baik? Ataukah setiap tahunnya sama saja? Atau justru kualitas ibadah dan ketaqwaan menjadi lebih buruk dari tahun-tahun sebelumnya? Na’udzubillah..

Baca selengkapnya »

Ramadhan Bahagia

Berbahagialah engkau wahai orang-orang yang memanfaatkan Ramadhannya secara optimal. Tidak melewatkan setiap momennya dengan kesia-siaan. Bahkan melalui Ramadhan mampu mengubah persepsi bahagia yang dulu hanya berorientasi pada hal-hal yang bersifat materi menjadi bahagia yang hakiki, yaitu bahagia mengabdi pada-Nya.

Baca selengkapnya »