Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / AS: Tidak Mungkin Kami Perangi ISIS Tanpa Turki

AS: Tidak Mungkin Kami Perangi ISIS Tanpa Turki

Wakil AS di Koalisi Internasional Memerangi ISIS, Brett McGurk. (aa.com.tr)

dakwatuna.com – Washington. Brett McGurk, Wakil Amerika Serikat di Koalisi Internasional Memerangi ISIS menegaskan, Turki merupakan mitra penting bagi negaranya. “Turki merupakan mitra penting dalam memerangi ISIS, dan kami tidak mungkin mengalahkan ISIS tanpa Turki,” tegasnya, Jumat (19/05/2017).

Pernyataan itu ia lontarkan dalam konferensi pers yang digelar bersama Menteri Luar Negeri AS, James Mattis, dan Kepala Staf, Joseph Dunford di Markas Besar Departemen Pertahanan AS, Pentagon.

McGurk juga mengatakan, “Turki merupakan negara kedua yang paling banyak aku kunjungi setelah Irak, sejak ditunjuk untuk posisi di Koalisi.”

“Secara khusus, AS bekerja sama dengan Turki untuk memerangi ISIS dan krisis Suriah. Secara khusus juga operasi militer di Riqqah, dan mengembalikan stabilitas setelahnya. Dua hal itu memerlukan koordinasi yang erat dengan Turki,” katanya lagi.

Sebelumnya, juru bicara kantor kepresidenan Turki menegaskan, negaranya tidak akan ikut serta dalam operasi pembebasan Riqqah dari kontrol ISIS, jika AS juga mengikutsertakan milisi Kurdi Suriah, YPK.

Hubungan Turki dan AS kembali memanas pasca keputusan Presiden Trump untuk mempersenjatai milisi Kurdi Suriah. Pihak Ankara menyebutkan, milisi Kurdi Suriah merupakan sayap militer Partai Pekerja Kurdi (PKK), yang telah dicap teroris oleh pemerintah Turki. (whc/dakwatuna)

Sumber: Anadolu Ajansı

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Di Hadapan Ivanka Trump, Tun Mahathir Kecam Keras Amerika Serikat

Figure
Organization