Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / AS dan Turki Sepakat Latih Kelompok Oposisi Suriah Melawan ISIS

AS dan Turki Sepakat Latih Kelompok Oposisi Suriah Melawan ISIS

AS akan melatih 5000 personil oposisi Suriah di Turki guna menghadapi ISIS (bbc.co.uk)
AS akan melatih 5000 personil oposisi Suriah di Turki guna menghadapi ISIS (bbc.co.uk)

dakwatuna.com – Suriah. Amerika Serikat dan Turki sudah menandatangani sebuah kesepakatan untuk melatih dan mempersenjatai kelompok perlawanan moderat di Suriah. Berdasarkan kesepakatan itu, AS akan melatih sekitar 5.000 kelompok oposisi di lokasi-lokasi di Turki dan tempat lainnya di kawasan tersebut.

Jubir Kedubes AS di Ankara, ibu kota Turki, mengatakan kesepakatan tersebut ditandatangani Kamis (19/2/2015) malam waktu setempat oleh Duta Besar AS, John Bass, dan Wakil Menlu Turki, Feridun Sinirlioglu.

Pemerintah Turki sudah mengatakan pelatihan oleh tentara Amerika Serikat dan Turki itu bisa jadi dimulai bulan depan di sebuah pangkalan militer di Kirsehir.

Berbatasan dengan Suriah sepanjang sekitar 1.200 km, Turki memegang posisi penting dalam upaya koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat untuk menghadapi kelompok militan yang menyebut dirinya ISIS, yang menguasai beberapa wilayah di Suriah dan Irak. Tercapainya kesepakatan ini secara prinsip sudah diungkapkan pada Selasa (17/2/2015) lalu.

Turki selama ini ingin operasi militer dipusatkan pada penggulingan pemerintahan pimpinan Presiden Bashar al-Assad namun Washington menjadikan perang melawan ISIS sebagai prioritas.

Bagaimanapun sejumlah pihak melihat kesepakatan AS-Turki ini sebagai perkembangan positif dalam hubungan kedua negara yang kadang diwarnai ketegangan. (bbc/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Ini Alasan Turki Beli Sistem Pertahanan dari Rusia

Figure
Organization