Topic Archives: Tahun Baru

Menghadapi Tahun Baru

Menurut hemat penulis merayakan tahun baru masehi ini sebenarnya sah-sah saja asalkan perayaannya itu diisi dengan hal-hal yang bermanfaat. Seperti kumpul bersama keluarga bersilaturahim atau bersama teman buat majelis dzikir dan majelis muhasabah. Dan hal positif lainnya. Bukan seperti apa yang sering berlaku selama ini. Konvoi di jalan, tiup trompet, bakar kembang api, yang mana perbuatan ini termasuk ke dalam hal yang sia-sia tak bermanfaat.

Baca selengkapnya »

Gara-Gara Trompet

Dul dan ketiga temannya yang tergabung dalam genk macho; Baim, Didik dan Sakti tersenyum lega menatap hasil karya mereka dari pagi berkurung di gudang rumah Dul. Trompet-trompet untuk tahun baru yang dibuat dari kertas-kertas bekas hasil jarahan di kedai bapak Baim. Rencananya trompet ini selain untuk mereka sendiri juga akan dijual, mereka sudah membayangkan akan mendapat uang saku lebih darinya karena biasanya setiap tahun baru trompet adalah salah satu benda yang laris dijual.

Baca selengkapnya »

Fenomena Satu Malam

Sudah masuk 2016, apa yang sudah kita perbuat, apa yang sudah kita beri, apa yang sudah kita bagi ? Untuk sesama, saudara kita, keluarga kita, dan lingkungan sekitar kita? Pencapaian kita. Prestasi apa yang telah kita persembahkan, usaha terbaik kita. Sudah dimana posisi kita meraih taqwa di hadapan Maha Pemberi Hidup? Hingga, pertanyaan bagi setiap orang, yang mesti dijawab dengan kejernihan akal dan hati, "siapa sebenarnya saya?"

Baca selengkapnya »

Huru-Hara di Pergantian Tahun

Apabila pergantian tahun baru praktik huru-hara gaduh perayaan, dan ajang hedonisme yang mengakar tersebut digantikan dengan meningkatkan rasa saling menghargai dan peduli terhadap kondisi sesamanya maka insya Allah bangsa ini tak akan lagi segan menghadapi tantangan kedepan. Terlebih di era Masyarakat Ekonomi Asean ini, dikarenakan masyarakatnya telah siap untuk selalu peduli dan membantu terhadap tetangganya yang tak berdaya oleh persaingan dengan orang asing yang masuk di negeri ini.

Baca selengkapnya »

Akhir Tahun dan Awal Tahun Bersama Keluarga Bintang Al-Quran

Akhirnya Allah memberikan jawaban yang terbaik ketika kemarin diri ini bingung mau memilih di antara dua kegiatan menjelang akhir tahun, sama-sama penting dan sangat membangun jiwa spiritual untuk bangkit kembali. Dua kegiatan itu adalah menghadiri undangan salah satu guru ngaji, ajakan untuk ikut duduk di majelis Haflah Takhtim Al-Qur’an dan Muhasabah Akhir Tahun di masjid raya tempat beliau menjadi imam besar.

Baca selengkapnya »
Organization