Topic Archives: rumah tangga

Kembali Jatuh Cinta

Bagaimanapun, ia takdir Anda saat ini. Bukankah kita sudah membuktikan banyak hal dalam hidup bahwa tak pernah salah keputusanNya? Selalu tepat kehendak Allah. Bagaimanapun, ia pasti yang terbaik. Maka ikhlaskan hati untuk menerimanya. Biarkan cinta menemukan caranya untuk tumbuh dan bermekaran. Selamat jatuh cinta, lagi. Selamat jatuh cinta, untuk kesekian kalinya. Selamat jatuh cinta, pada orang yang sama: istri Anda.

Baca selengkapnya »

Berkaca dari Fenomena Rumah Tangga

Ilustrasi. (Foto: islam-today.ru)

Di perspektif Islam diperbolehkan seseorang untuk bercerai jika alasannya karena terpaksa, sebagai contoh seorang istri yang sudah tidak tahan hidup dengan suaminya lantaran suaminya tidak bertanggung jawab, tidak memberi nafkah lahir bathin, tidak memberikan pendidikan kepada anak-anaknya, sering melanggar aturan agama, jauh dari ketaatan dan alasan mendesak lain yang bersifat normatif.

Baca selengkapnya »

Mempersiapkan Kehidupan Rumah Tangga

Sungguh, setiap pemuda mendambakan dunia pernikahan. Dunia yang menjadi sumber keingintahuan para pemuda dan pemudi. Dan fase kehidupan ini haruslah dilewati. Jangan jadikan keingintahuan tersebut menumpuk, dan membuncah dengan cara yang tidak diridhai oleh Allah. Karena menikah menyempurnakan separuh agama. Dan hal yang merusak agama, banyak bersumber pada kebutuhan perut dan kemaluan. Semoga Allah menjaga kita semua..

Baca selengkapnya »

Zaida, Mas Mencintaimu Karena Allah

“ Selamat ulang tahun yang ke-dua puluh satu, ya Khumairaaaaaa,” ucap Ali bersemangat. Diberikannya sebuah boneka Teddy Bear warna cokelat, boneka yang diam-diam sudah sangat lama diinginkan Zaida semenjak SMP. “ Terima kasih Mas Ali.” Butiran hangat menetesi pipi. Haru. Zaida memeluk erat suaminya. Aku akan belajar mencintaimu, Mas, batinnya. Syukur tak terhingga ia panjatkan kepada Allah Maha Cinta atas segala cinta.

Baca selengkapnya »

Tentangmu, Al-Faruq

Mas Faruq, aku janji mulai hari ini aku tidak akan pernah bertanya tentang doa-doa panjangmu lagi, aku tidak ingin membuatmu serba salah untuk menjawab tanya sederhanaku. Aku tidak ingin menciptakan dosa dengan memaksamu berbohong, karena sekarang kutahu, dalam doa panjang itu selalu ada nama Adia di dalamnya. Mas Faruq terima kasih telah menjadi bagian episode hidupku. Mari saling membantu dalam menjalankan peran kita masing-masing dalam skenario Allah di dunia yang singkat ini.

Baca selengkapnya »

Suami Super Romantis

Mas Nanang memang tidak seperti pangeran-pangeran dalam dongeng. Mas Nanang memang tidak setampan dan seromantis tokoh-tokoh lelaki dalam drama korea atau drama percintaan. Tapi bagiku, saat ini dan sampai nanti, mas Nanang adalah suami super romantis.

Baca selengkapnya »

Beberapa Sarana Membangun Rumah Tangga Islam

Beberapa sarana untuk membangun rumah tangga Islam antara lain: memilih calon dengan baik, meluangkan waktu bertemu di dalam rumah, meluangkan waktu untuk berbelanja dan memperbaiki bersama barang yang rusak, mencukupi kebutuhan kelembutan jiwa dan kemasyarakatan, memanfaatkan waktu makan, pemanfaatan nenek dan kakek untuk menyampaikan kemampuan keduanya dalam bercerita dan pemanfaatan sarana modern, melakukan semangat kebaikan umum secara bersama, menjaga agar terlaksana hak-hak tetangga, dan membahagiakan istri.

Baca selengkapnya »