Topic Archives: pembelajaran

Belajar Dakwah dari Perang Padri

Ketika membaca rekam jejak dakwah para nabi, Nabi Nuh sabar berdakwah selama 950 tahun lamanya, walaupun hasil jerih payah itu hanya segelintir orang yang sudi mengikutinya. Sebagian riwayat mengatakan hanya 10 orang, dalam riwayat lain mengatakan 25 dan 80 orang. Wali Songo dengan pendekatan kultural malah membuat rakyat Jawa berbondong-bondong menyambut seruan dakwah. Untung saja Tuanku Imam Bonjol belajar dari masa lalu, jurang antara agama dan adat semakin dangkal.

Baca selengkapnya »

Senyum Prestasi yang Bikin Frustasi

Dari lima soal, tak satu soal pun yang berhasil Kariyan kerjakan. Saat ia sibuk bertanya pada teman-teman, aku meminta anak-anak segera mengumpulkan. Kariyan bingung dan sangat khawatir tak mendapatkan senyum prestasi. Padahal Kariyan sangat mendambakan senyum prestasi itu. Jadilah ia menangis. Entah karena malu, entah juga khawatir tak mendapatkan senyum prestasi. Jika anak-anak lain termotivasi belajar karena senyum prestasi, agaknya Kariyan hari ini harus frustasi karena tak peroleh senyum prestasi.

Baca selengkapnya »

Call Me “Rafi”

Di semester pertama, saya fokus umembuat Rafi bisa membaca, saya kelelahan mencari berbagai metode ajar untuk Rafi. Ditambah kelas yang penuh dan Rafi sangat sulit berkonsentrasi. Kemudian, saya mengajar Rafi di luar jam sekolah dari mulai kartu huruf yang saya gunakan hingga tebak kata yang kemudian disusun. Tidak satupun saya berhasil membuat Rafi bisa membaca. Kemudian saya membuat kartu per suku kata yang diawali dengan tebak ekspresi dan gesture. Kemudian saya meminta setiap anak menebak secara bergantian dan menyusun suku kata yang terpisah menjadi kata yang sempurna , tentu sebelum metode ini digunakan saya mengajarkan para siswa belajar membaca per suku kata, begitu juga Rafi. Satu bulan sudah metode ini saya pakai meski tidak di kelas. Bukan hanya para siswa lain yang mampu membaca, Rafi pun sudah bisa membaca meski kadang salah membaca suku kata. Tetapi, metode ini cukup efektif untuk para siswa khususnya Rafi.

Baca selengkapnya »

Arti Ilmu dari Sang Guru

“Tidak usah dipikirkan kata Pak Tanggo. Dia tidak tahu bahwa guru itu kerja paling mulia, dari ustadzah akan lahir pemimpin yang tidak hanya berkuasa, tapi juga bijaksana. Tidak hanya pandai menjaga negara, tapi juga rajin beribadah pada Allah semata. Bukan kah begitu arti semua ilmu yang ustadzah ajarkan?” Darsini mengangguk membenarkan tiap kata Pak Imam, diseka matanya yang masih lembab. Maka dalam hati Ia berkata “Memang demikianlah harapan guru sebenarnya, bukan sebaliknya”

Baca selengkapnya »

Belajar Dari Penjual Koran

Sudahkah kita bermanfaat untuk orang lain? Sudahkah kita membahagiakan orang-orang sekitar kita? Sudahkah kita memiliki rasa cinta seperti penjual koran itu yang mampu memberikan perubahan terhadap bangsa dengan mengaktifkan fungsi guru? Jika penjual koran itu memiliki kontribusi yang sangat luar biasa, meski kita tak pernah tahu apakah ia bisa membaca atau tidak, ia mampu mengubah segala hal menjadi baik, sedangkan kita?

Baca selengkapnya »

Semangat Belajar Anak Cimanggu

Dengan adanya Gerakan UI Mengajar angkatan 4 ini mencoba untuk memotivasi anak-anak di desa Cimanggu untuk memiliki semangat belajar dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Tidak patah semangat dalam belajar dan menuntut ilmu, karena banyak cara yang bisa dilakukan untuk sekolah dan menjadi orang sukses di kemudian harinya.

Baca selengkapnya »

Budaya Belajar Tematik

Dalam kepemimpinan surgawi, seorang pemimpin memang dituntut untuk mengetahui banyak disiplin ilmu. Hal itu sudah menjadi keniscayaan perkembangan zaman. Tetapi spesialisasi tetaplah dibutuhkan. Agar seseorang memiliki karakter dan cita rasa tersendiri dalam kehidupan sosial sehari-hari. Karena kebermanfaatan dalam masyarakat dengan keahlian, jauh lebih nikmat dari kebermanfaatan yang tidak didasarkan pada keahlian.

Baca selengkapnya »
Organization