Topic Archives: Keteladanan

Menampilkan Visual Keteladanan

Bayangkan saat anak-anak kita, dilarang merokok. Sementara ada anggota keluarganya menyuguhkan tampilan visual kebalikan. Bayangkan saat anak-anak kita seakan dihalau ke masjid untuk didikan subuh. Sementara anggota sepuh di keluarga terlihat asyik menghalau dengkur ke langit-langit kamar. Bayangkan saat anak-anak kita diminta belajar 'mengaji' Alquran bersama ustadz. Sementara orangtuanya sibuk 'mengkaji' ustadz yang sampaikan petuah tak sesuai seleranya. Padahal petuah itu dari Al-qur'an. Akhirnya Al-Ahzab 59 dan An-Nur 31 tak sudah-sudah dikaji. Dikaji, tanpa aplikasi. Meski akhirnya anak sudah selesai pula khatam Al-Quran.

Baca selengkapnya »

Ketika Keteladanan Telah Sirna

Begitupun jika kepala sekolah inginkan guru mengajar dengan kinerja yang profesional maka harus juga dimulai dari diri sendiri. Tak mungkin guru bakal disiplin jika kepala sekolah juga tak disiplin. Begitulah tak bisa dipungkiri bahwa sangat besar partisipasi figur yang dijadikan teladan dalam hidup seseorang. Lalu bagaimanalah jika tiada lagi sosok yang dapat dijadikan sebagai teladan dalam kehidupan? Mungkinkah setiap pribadi akan berusaha menjadi teladan untuk dirinya sendiri atau pun orang lain? Setiap kita tentulah punya jawabannya sendiri.

Baca selengkapnya »

Menjelma Pahlawan Ala Ibrahim AS

Di titik inilah relevansi itu nyata adanya untuk kita. Kita seringkali mendambakan perubahan ke arah yang lebih baik untuk negeri ini, tapi sejatinya kita melupakan bahwa Allah-lah yang berhak menentukan kejayaan itu tergulirkan di negeri ini atau tidak. Dan Allah memberikan syarat sederhana bagi mereka yang menginginkan hal itu, sesederhana yang Ibrahim AS contohkan kepada kita, namun konsekwensi logisnya begitu dahsyat. Yakni, perubahan besar hanya diperuntukan bagi mereka yang berani berkorban dengan besar pula.

Baca selengkapnya »

Tidur Sejenak

Ketika ulama salaf terdahulu ingin mempelajari dan menghafal hadits, mereka harus jauh-jauh berjalan puluhan bahan ratusan kilometer dalam waktu berhari-hari. Melintasi gurun, padang oase, rerumputan, hingga danau yang menyegarkan. Tetapi rumitnya perjalanan tidak pernah menyurutkan semangat mereka.

Baca selengkapnya »

Qudwah Sebelum Dakwah

Al Qudwah ) ( القُدْوَةjuga berarti Al Qadwah, Al Qidwah, dan Al Qidyah yang bermakna ‘apa-apa yang telah engkau ikuti dan engkau biasa dengannya.’ Al Qudwah juga bermakna Al Uswah (contoh), dikatakan لى بك قدوة ‘Liy bika Qudwatun’ (pada dirimu ada contoh untukku) maksudnya adalah Uswah. (Al Munjid fil Lughah wal A’lam, hal. 614)

Baca selengkapnya »