Topic Archives: Hijab

Antara Hijab, Perempuan, dan Sekian MDPL

Di atas adalah beberapa point yang bisa dijadikan panduan bagi seorang muslimah yang memiiki keinginan untuk mendaki namun masih ragu untuk melangkah. Tidak ada salahnya menjadi muslimah yang tangguh yang mampu melakukan hal-hal yang biasanya dilakukan oleh kaum lelaki. Karena sebaik-baik muslim adalah muslim yang tangguh, bukan yang lemah. Wallahu a’lam bishs

Baca selengkapnya »

Hijab, Antara Kewajiban dan Gaya Hidup

Dewasa ini, berbusana muslimah tidaklah sulit. Kita tidak perlu mengulang pengalaman pahit tahun ‘80 an ketika beberapa muslimah berhijab kehilangan pekerjaan, kesempatan dan dikucilkan dari pergaulan. Karena sekarang, muslimah Indonesia telah menikmati nyamannya berhijab syar’i dari perjuangan para wanita muslim sebelumnya.

Baca selengkapnya »

Hijab adalah Identitas Seorang Muslimah

Kewajiban menutup aurat sama wajibnya dengan perintah shalat. Aurat wanita pun sama ketika shalat yaitu seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Wanita memiliki empat magnet yang harus dijaga yaitu dada, gluteus, betis dan tumit. Magnet-magnet tersebut dijaga dengan menutup aurat. Cara menutup aurat yakni dengan mengenakan kerudung yang menjulur sampai ke dada. Batasan-batasan aurat muslimah diatur oleh Allah dalam Alquran surat An-nuur ayat 31.

Baca selengkapnya »

Muslimah Cerdas dengan Berhijab

Hijab merupakan proteksi diri wanita Islam. Ketika Allah menyeru kepada Nabi agar menyeru kepada istri-istri mereka, anak-anak perempuan mereka, saudara-saudara perempuan mereka dan kepada seluruh wanita beriman agar mengulurkan jilbab keseluruh tubuh mereka agar mereka mudah dikenal dan tidak diganggu. Telah jelas bahwa berhijab secara syar’i bentuk dari ketaatan seorang hamba kepada Rabb nya, bentuk dari keridhaan seorang hamba kepada Rabb nya seperti ridha nya kaum Muhajirin dan Anshar atas setiap perkara yang telah ditetapkan Allah, Allah ridha terhadap mereka, mereka pun ridha terhadap Allah.

Baca selengkapnya »

Berhijrah dengan Berhijab

Hendaknya seorang wanita itu mengetahui baik-baik bahwa sesungguhnya agama Islam dengan mensyariatkan hijab itu bertujuan untuk menjaganya dan memberikan jaminan keamanan pada masa tuanya ketika ia mulai diliputi rasa putus asa, karena perasaan shock yang pertama kali akan dialami perempuan ialah pada masa kecantikannya mulai sirna. Kecantikan seorang wanita akan sirna seiring bertambahnya usia, ketika perempuan itu tidak berhijab maka akan sangat terlihat ketika ia menua, dan tabiat laki-laki yang menikahi perempuan tidak berhijab saya yakin akan berpaling dan mencari wanita lagi yang masih enak ia pandang.

Baca selengkapnya »

Hijab Menjadikan Aku Diasingkan

Aku hanya bisa berharap busana syari’i ini bisa terus melekat di dalam diriku. Dengan berubahnya penampilanku ini juga bisa merubah sikapku menjadi lebih baik serta sikap orang lain terhadapaku. Semoga saja dengan hijab ini bisa menjadikan aku sebagai muslimah yang lebih memiliki wibawah di hadapan para laki-laki sehingga menjadikan mereka tidak seenaknya berbuat kepada diriku dan seluruh muslimah yang ada di permukaan bumi ini.

Baca selengkapnya »

Hijabku, Alarm Terbaikku

Rabb menyadarkanku melalui orang-orang terdekatku. Bahwa hijab ini bukanlah pilihan melainkan sebuah kewajiban. Melalui hijab ini, aku memiliki alarm terbaik di dunia dan akhirat. Pengingat di kala aku hampir melakukan kemaksiatan, dan pengingat di kala aku lalai dalam menjalankan perintah-Nya. Dan para hijabers bukanlah kumpulan wanita shalihah, melainkan kumpulan wanita yang berusaha menjadi muslimah sejati, sesungguhnya dan seutuhnya. Semakin hari, aku pun semakin bangga dengan hijab yang aku kenakan.

Baca selengkapnya »

Jilbab Independen

Jilbab merupakan bentuk ketaatan seorang hamba kepada Tuhannya. Sebagai bukti iman kepada Tuhan dan kitab-Nya. Kalau mengaku beriman kepada Tuhan dan kitab-Nya, berarti percaya donk kalau Tuhan perintahkan hamba-Nya (perempuan) untuk berjilbab? Simpel. Tuhan sudah memberi manusia kehidupan dengan segala kenikmatan yang tak kan mampu dihitung. Lha disuruh berjilbab saja kok bawel macam-macam? Padahal, tanpa dipungkiri, di balik perintah berjilbab jelas banyak hikmahnya.

Baca selengkapnya »

Sebuah Refleksi: Hijab

Hijab dalam artian penghalang atau batas, menjadikannya penghalang antara fitrah manusia dengan kemaksiatan dan hawa nafsu yang berasal dari syetan, menjadikannya penghalang dari godaan orang-orang iseng, menjadikannya penghalang dari rasa malas untuk mengaktualisasikan diri, menjadikannya batas dalam menjaga mata; hati; dan pikiran serta tentu menjadi batas segala hal yang berlebihan untuk kembali pada aturan Allah yang maha sempurna.

Baca selengkapnya »

Aku Berhijab dan Merantau

Perasaan takut dan khawatir yang pernah hinggap di hatiku, terjawab dengan sempurna. Perempuan berhijab tak perlu takut merantau, kita melakukannya karena mengharap ridha Allah, maka Ia pun akan senantiasa menuntun dan menjaga. Perempuan berhijab tak perlu risih untuk bergerak energik, kita bergerak tak keluar dari syariat. Bukankah Aisyah r.a. juga adalah wanita yang sangat enerjik, kenapa kita tidak?

Baca selengkapnya »
Organization