Topic Archives: Ekonomi Syariah

Outlook Ekonomi Syariah dalam Menghadapi Tantangan Global

Ekonomi syariah menjadi salah satu perbaikan perekonomian bangsa. Di Negara Indonesia ekonomi syariah sudah mulai banyak di kalangan masyarakat menengah atas. Meskipun pada realitas saat ini ekonomi syariah masih jauh dalam peradaban. Dukungan atau support dari berbagai instansi atau lembaga, sudah mulai membuka peluang untuk Peradaban Ekonomi Syariah ke Depannya. mulai dari Lembaga Perbankan, yang di namai dengan “Perbankan Syariah” yang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang signifikan meskipun hanya beberapa persen dari bank konvensional.

Baca selengkapnya »

Eksistensi Ekonomi Syariah di Indonesia

Maka dari itu, peran ekonomi Islam di Indonesia perlu diterapkan dan ditingkatkan lagi, karena manfaat dari Sistem Ekonomi Islam ini sangat luar biasa dibandingkan dengan ekonomi konvensional yang malah menjerat dan membebani masyarakat dengan kebijakan-kebijakannya. Meski di Indonesia pengetahuan tentang sistem ekonomi Islam masih sangat minim, namun jika kita terus berusaha untuk mengenalkan dan membuktikan bahwa sistem ini sangat adil dan menguntungkan. Sehingga masyarakat bahkan negara non-muslim pun akan segera beralih menggunakan sistem ini meski tentu banyak kontra dari pihak yang selama ini mendapat keuntungan dan akan merasa dirugikan dengan sistem ini.

Baca selengkapnya »

Ekonomi Syariah di Zaman Sekarang

Mengenal lebih jauh tentang ekonomi syariah yang sedang ramai di bicarakan khalayak, Bila kita perhatikan Undang-undang Peradilan Agama No. 7 Tahun 1989, maka dapat diketahui bahwa ruang lingkup ekonomi syariah meliputi: Bank syariah, asuransi syariah, lembaga keuangan mikro syariah, reasuransi syariah, obligasi syariah, surat berjangka menengah syariah, reksadana syariah, sekuritas syariah, pegadaian syariah, pembiayaan syariah, dana pensiun lembaga keuangan syariah dan bisnis syariah.

Baca selengkapnya »

Langkah Strategis Menuju SDM Ekonomi Syariah Berdaya Saing

Oleh karena itu perlu langkah strategis Menuju SDM Ekonomi Syariah Berdaya Saing. Sebagai perwujudan komitmen untuk proaktif mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan Islam di Indonesia, Bank Indonesia bekerja sama dengan Islamic Research and Training Institute – Islamic Development Bank (IRTI – IDB) menyelenggarakan Seminar "Pengembangan Sumber Daya Manusia (Human Capital Development)" pada tanggal 13 Mei 2016 di Jakarta. Seminar yang mengangkat tema "Mencetak Sumber Daya Manusia yang Kompetitif bagi Pemberdayaan Ekonomi (Producing Competitive Human Capital for Economic Empowerment)" tersebut menghadirkan Deputi Gubernur Bank Indonesia, Hendar sebagai keynote speaker. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari Pertemuan Tahunan ke-41 IDB Group. Berikut Keynote Speech Deputi Gubernur Bank Indonesia, Hendar.

Baca selengkapnya »

Penerapan Ekonomi dan Bisnis Syariah

Dari implementasinya, bisnis syariah akan banyak berpedoman kepada yang dilakukan oleh Rasulullah SAW di mana beliau selalu jujur dalam berdagang, dapat dipercaya, menyampaikan apa yang diusahakan dengan baik kepada konsumen serta selalu cerdas dalam berusaha. Selain itu, beliau juga memperlakukan karyawan dengan sangat baik dan manusiawi. Rasulullah SAW juga percaya bahwa bisnis akan lebih berhasil apabila memiliki sinergi yang baik. Oleh karenanya, beliau banyak memiliki relasi bisnis yang menambah sukses usaha berdagangnya.

Baca selengkapnya »