Topic Archives: Amanah

Amanah Yang Harus Ditunaikan

Manusia yang sudah diamanahkan untuk menjadi khalifah di bumi pun lupa dan lalai atas amanahnya. Bumi yang seharusnya dirawat, dilestarikan, justru dirusak oleh tangan-tangan manusia sendiri. Ketika diamanahkan sebuah tanggung jawab, justru tanggung jawab itu digunakannya dengan semena-mena. Untuk hal-hal sepele pun, amanah begitu sulit ditunaikan. Diberi titipan uang, dengan mudahnya dikorupsi. Diberi amanah sebuah jabatan, diselewengkan. Dan masih banyak lagi contoh-contoh lainnya.

Baca selengkapnya »

Trustworthy Dalam Bisnis

Trustworthy atau amanah sangat diperlukan dalam seluruh aspek kehidupan. Salah satu contohnya adalah ketika kita menjalankan suatu bisnis. Maka selain kita meningkatkan kualitas barang yang dijual, mendongkrak penjualan dengan strategi marketing yang kreatif, kita juga harus memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Menciptakan sebuah ‘trust’ yang menjadi instrumen penting dalam keberlangsungan suatu usaha. Trustworthy atau amanah terhadap konsumen yang tidak terjaga dengan baik, maka akan berdampak terhadap hancurnya suatu bisnis atau usaha.

Baca selengkapnya »

Ustadz yang Amanah

"Ya kan antum kalo ngasih amplop setelah ta'lim ke saku ana bilangnya begini "Ustadz, Buat beli bensin ya...Ustadz...buat istri ya...Ustadz...buat jajan anak ya, karena uang yang antum berikan itu amanah ya ana nggak gunakan ke yang lain selain yang antum ucapkan ketika memberikan uang itu" terang ustadz menjelaskan. "Astaghfirullah.... Jadi, misalkan Saya memberikan uang dan bilang ustadz ini buat belanja istri ya lalu ustad jadikan untuk belanja istri semuanya, walapun nilainya jutaan rupiah?" Tanya Panitia melotot kaget. "Ya iyalah Akhi.... itu kan amanah antum.. masa ana gunakan ke yang lain.. nanti nggak amanah dong"

Baca selengkapnya »

Tentang Amanah

Ketika kita meyakini setiap pekerjaan kita dilihat oleh Allah, maka kita akan lebih bersungguh-sungguh dalam bekerja karena kita ingin memberikan yang terbaik untuk Allah, walaupun tidak diketahui oleh manusia lainnya. Tujuan kita hanya untuk mendapatkan keridhoan Allah dan penilaian terbaik oleh Allah. Di samping itu semua kita juga akan lebih berhati-hati bertindak di muka bumi ini, karena setiap pekerjaan kita dilihat oleh Allah dan akan diputarkan di hari akhir nanti di hadapan manusia-manusia lainnya. Sehingga marilah kita berupaya untuk memaknai setiap amanah yang kita emban dengan sebaik-baiknya, agar amanah ini bisa menuntut kita ke jannah-Nya.

Baca selengkapnya »

Amanah Apa yang Kau Sia-Siakan?

"Transaksi kita itu sama Allah, bukan sama manusia. Ketika kamu beralasan sakit lalu tak bisa datang, bukankah kamu masih bisa berjalan?...”, kata musyrifah di pondokku. Tanpa sadar aku, kalau setan telah membuatku terjemus dalam dimensi waktu untuk berpikir lama dalam melakukan kebaikan dan aku lupa kalau setan yang hidup sejak zaman Nabi Adam AS itu pasti mempunyai beribu mungkin banyak cara sampai tak terhingga untuk menggoda, sungguh musuh yang nyata.

Baca selengkapnya »

Amanah

Bahkan jika menurutmu, kamu tidak pantas mengemban amanah itu, jika Allah berkata itu yang terbaik untuk membuatmu jadi lebih baik. Maka amanah itu akan diberikan padamu.. Allah Maha Tahu, sedangkan kamu tidak. Ini bukan lagi tentang manusia dengan manusia. Tetapi manusia dengan pencipta-Nya, Allah. Siapkan ikhtiar tertotal yang kamu miliki.. Siapkan pertanggungjawaban terbaik yang kamu miliki.

Baca selengkapnya »

Amanah dan Tiga Pengembannya

Dalam kehidupan ini kita semuanya tidak akan pernah terlepas dari amanah dari Sang Khaliq, karena hakikatnya kita hidup menjadi manusia adalah amanah dari-Nya. Bagaimana tidak? Tersebab kita yang berasal dari sel sperma ini telah terpilih oleh Allah dari berjuta sel sperma lainnya untuk menjadi pemenang dalam ‘pertarungan’ membuahi sel telur. Begitupun aktivitas dakwah maka amanah adalah sesuatu keniscayaan bagi seorang aktivis dakwah. Karena amanah merupakan tulang punggung dakwah, bagaimana mungkin dakwah ini menyebar jika tanpa amanah amar ma’ruf tak diemban oleh para dai, lalu bagaimana pula kalau amanah nahi munkar tak ada yang mengembannya? Tentu dien ini takkan pernah sampai kepada diri kita.

Baca selengkapnya »