Organization Archives: MUI

Majelis Ulama Indonesia

BPRS Amanah Ummah Bogor Gelar Milad ke-25 dan Peresmian Gedung Baru

Dalam kesempatan itu, Taufiq menceritakan bahwa BPRS Amanah Ummah termasuk generasi awal perbankan syariah di Indonesia, "Kami hadir tiga bulan setelah bank Muamalat muncul, dan alhamdulillah dalam perjalanannya BPRS Amanah Ummah menjadi bank yang sehat dan menjadi rujukan BPRS dari berbagai daerah di Indonesia. Dan kami berharap kita menjadi BPRS nomor satu di Indonesia," harapnya.

Baca selengkapnya »

Salah Paham Dalam Memaknai Toleransi

Orang yang toleran atau bertoleransi ialah orang yang memberikan kebebasan kepada siapapun baik dalam beragama, berpendapat dan lain-lain. Tetapi tidak dengan memaksanya untuk ikut serta sesuai apa yang diinginkan. Tetapi jika melakukan yang sebaliknya maka perbuatan tersebut telah mencederai sikap toleransi itu sendiri, dan bahkan sikap seperti itulah yang dikatakan intoleran atau tidak toleransi.

Baca selengkapnya »

Dengan Wakaf Tunai Siapapun Bisa Wakaf

Adapun manfaat wakaf tunai yang diutarakan M. Syafei Antonio ada empat; Pertama, wakaf tunai jumlahnya bisa bervariasi sehingga seseorang yang memiliki dana terbatas sudah bias mulai memberikan dana wakafnya tanpa harus menunggu menjadi tuan tanah terlebih dahulu. Kedua, melalui wakaf tunai, aset-aset wakaf yang merupakan tanah tanah kosong bisa mulai dimanfaatkan dengan pembangunan gedung atau diolah untuk lahan pertanian. Ketiga, dana wakaf tunai juga bisa membantu sebagian lembaga lembaga pendidikan islam. Keempat, in sya Allah umat islam lebih mandiri dalam mengembangkan dunia pendidikan tanpa harus terlalu tergantung pada anggaran pendidikan negara yang memang semakin lama semakin terbatas.

Baca selengkapnya »

Halal Food untuk Perekonomian Negara

Selanjutnya, mari kita lihat seberapa besar potensi halal food bagi perekonomian Indonesia. Jika diasumsikan Indonesia meraih 50% pasar muslim ASEAN, maka dari 240 juta penduduk Indonesia, setengahnya atau 120 juta penduduk menjadi konsumen Halal Food Indonesia. Dan jika diasumsikan makan orang per hari sebesar 5000 rupiah, maka dalam seharinya didapatkan dana potensi sebesar 219 triliun. Jika kemudian sebesar 60% nya masuk ke bank syariah, maka perbankan syariah akan mendapat dana 131 T yang dapat digunakan untuk membayar hutang negara atau mengembangkan sektor-sektor yang lain. Ketika hal ini berlanjut terus, Indonesia akan menjadi negara yang makmur dan sejahtera hanya karena sektor halal food nya saja. Jika sektor-sektor lainnya ikut dikembangkan, maka impian Indonesia untuk menjadi negara yang maju, tidak mustahil untuk dicapai.

Baca selengkapnya »