Organization Archives: KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi

Reklamasi dan Kemaslahatan

Abu Ubaid menjelaskan dalam bukunya kitaabul amwaal tentang menghidupkan tanah yang mati (ihyaul mawaat/ihyaul al aradhin) yaitu menghidupkan kembali tanah yang mati, tandus, tidak terurus, tidak ada pemiliknya dan di manfaatkan dengan membersihkannya, mengairi, mendirikan bangunan dan menanam kembali benih-benih kehidupan pada tanah tersebut. Dalam hal ini negara berhak menguasai tanah tersebut dengan menjadikannya milik umum dan manfaatnya diserahkan dan kemaslahatan umat.

Baca selengkapnya »

Hikayat Negeri Ajaib

Negeri ajaib ini rasanya “auto-pilot”, tak jelas siapa yang memimpin dan siapa yang mengambil kebijakan. Saking tidak jelasnya adalah saat ada kenaikan pesat tarif pengurusan dokumen STNK dan BPKB. Mulai RI-1, Kapolri dan pihak Kemenkeu saling lempar tanggungjawab. Rakyat di negeri ajaib dibuat bingung. Di tengah ekonomi yang lesu, rakyat dibebani dengan naiknya tarif listrik, harga BBM dan meroketnya harga cabai. Malang nian rakyat negeri ajaib. Program “Nawacita” berubah menjadi program “Duka cita”.

Baca selengkapnya »

Pendidikan Antikorupsi, Kajian Antikorupsi Teori dan Praktik

Buku Pendidikan Antikorupsi : Kajian Antikorupsi Teori dan Praktik merupakan wujud dari keprihatinan penulis terhadap merebaknya kasus korupsi di Indonesia. Buku ini tergagas dari kerja sama Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang meluncurkan program “Indonesia Menggagas dan Menerbitkan Buku Melawan Korupsi (Membumi)”. Dengan terbitnya buku ini diharapkan menambah wawasan referensi pembaca dalam memberantas korupsi. Buku ini juga dapat menjadi sumber pengetahuan bagi pembaca tentang seluk-beluk dan praktik tindak korupsi.

Baca selengkapnya »

Soal Reklamasi, Aparat Hukum juga Harus Seret Ahok ke Pengadilan

Reklamasi teluk jakarta

Berbagai dugaan pelanggaran hukum yang dilakukan Ahok dalam kasus penerbitan izin reklamasi Teluk Jakarta, seharusnya membuat aparat penegak hukum baik Kejaksaan Agung, KPK ataupun Polri tertantang untuk membuktikan peran dan fungsinya. Tidak perlu menunggu desakan aksi massa besar-besaran lagi untuk memaksa aparat hukum bekerja maksimal, karena tentu resiko dan biaya yang ditanggung akan sangat besar.

Baca selengkapnya »

Etika Penegak Hukum

Al-Qur’an menyinggung penegak hukum diperintahkan untuk adil dan konsisten pada kebenaran. Hal ini merupakan refleksi etika penegak hukum, khususya penegak hukum seperti hakim, jaksa dan polisi. Konsep etika penegakkan hukum dalam Al-Qur’an berlandaskan pada nilai al-qisth (kesamaan), al-‘adl (keadilan) dan al-bir (kebaikan). Berlaku adil dilakukan dalam keadaan apapun.

Baca selengkapnya »

Pernyataan Sikap BEM Kema Unpad Terkait Penganugerahaan Gelar Doktor Kehormatan Kepada Megawati Soekarnoputri

Terkait penganugerahan gelar doktor kehormatan kepada Ibu Megawati Soekarnoputri ini Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Padjadjaran menyatakan sikap: Meminta jajaran stakeholder Universitas Padjadjaran untuk mempublikasikan secara terbuka pijakan ilmiah yang dijadikan dasar dalam penganugerahan gelar doctor kehormatan kepada Megawati Soekarnoputri;

Baca selengkapnya »