Home / Berita / Daerah / KPK Tidak Lanjuti Laporan Kamerad Soal Anies, Ini Alasannya

KPK Tidak Lanjuti Laporan Kamerad Soal Anies, Ini Alasannya

KPK, (metrotvnews.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Kepala Biro Informasi dan Komunikasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Priharsa Nugraha mengatakan, desakan Komite Aksi Mahasiswa untuk Reformasi dan Demokrasi (Kamerad) agar KPK mengusut Anies Baswedan terkait dugaaan Anies menjadi makelar proyek di Kementerian Komunikasi dan Informatika pada 2012 tidak bisa ditindaklanjuti.

Febri menjelaskan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara, jabatan Anies pada 2012 tidak memenuhi daftar sebagai penyelenggara negara.

“Enggak bisa kalau gitu,” kata Priharsa, seperti dilansir dari tempo.co, Selasa (31/1/2017).

Dia memaparkan, yang termasuk ke dalam penyelenggara negara yaitu pejabat negara pada lembaga tertinggi negara, pejabat negara pada lembaga tinggi negara, menteri, gubernur, hakim, pejbat negara yang lain sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan pejabat lain yang memiliki fungsi strategis.

Sementara itu, yang dimaksud pejabat negara lain adalah direksi, komisaris, dan pejabat struktural lain pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD); Pimpinan Bank Indonesia dan pimpinan badan penyehatan perbankan nasional; pimpinan perguruan tinggi negeri; pejabat eselon I dan pejabat lain yang disamakan di lingkungan sipil, militer, dan Kepolisian Negara Republik Indonesia; jaksa; penyidik; panitera pengadilan; serta pemimpin dan bendaharawan proyek.

Sedangkan Anies pada saat itu hanya menjabat sebagai Ketua Komite Etik KPK dan Rektor Universitas Paramadina yang merupakan universitas swasta.

Sebelumnya, seperti yang dilansir dari beritasatu.com, Kamerad melakukan aksi demonstrasi di depan gedung KPK, di Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (30/1/2017) kemarin. Dalam aksi tersebut Kamerad mendesak KPK mengusut kasus dugaan korupsi yang dilakukan Anies. (abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Preteks Pada Viralitas Video UAS

Organization