Home / Berita / Internasional / Asia / Tahanan Penuh Sesak, Cina Diam-Diam Pindahkan Muslim Uighur ke Sejumlah Provinsi

Tahanan Penuh Sesak, Cina Diam-Diam Pindahkan Muslim Uighur ke Sejumlah Provinsi

Post media sosial pemerintah pada April 2017 menunjukkan tahanan di sebuah kamp di Prefektur Hotan [Gambar yang diperoleh oleh HRW/ Al Jazeera]
dakwatuna.com – Beijing. Muslim Etnis Uighur yang ditahan dalam ‘Kamp Pendidikan Ulang’ di Daerah Otonomi Xinjiang (XUAR) dipindahkan ke Provinsi Shaanxi dan Gansu. Menurut laporan Radio Free Asia (RFA), Sabtu (09/02/2019), pemindahan tersebut dilakukan secara rahasia.

Pada bulan Oktober 2018 lalu, kantor perwakilan RFA di Xinjiang melaporkan pihak berwenang setempat telah mulai memindahkan tahanan dalam kamp ke Provinsi Heilongjiang secara diam-diam. Disebutkan, pemindahan itu dilakukan untuk mengatasi kesesakan dalam kamp di Xinjiang.

Sebagaimana banyak diberitakan, kamp pendidikan ulang di Xinjiang telah berisi lebih dari satu juta Muslim Uighur. Bahkan, Muslim dari etnis lain pun juga dikabarkan ditahan dalam kamp konsentrasi tersebut.

Hal itu membuat kamp penuh sesak oleh tahanan, sehingga mendorong pemerintah untuk memindahkan sebagian ke sejumlah provinsi di negara itu.

Sebelumnya, Kepala Xuar Shohrat Zakir pada bulan Oktober lalu telah mengonfirmasi adanya kamp pendidikan ulang tersebut. Menurutnya, kamp itu merupakan satu-satunya cara efektif untuk melindungi negara dari ancaman terorisme. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Netanyahu Rayakan ‘Rekonsiliasi Arab’ dengan Rampas Rumah Palestina dan Tutup Masjidil Aqsha

Organization