Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Tegas, Malaysia Tolak Atlet Israel Bertanding di Wilayahnya

Tegas, Malaysia Tolak Atlet Israel Bertanding di Wilayahnya

PM Malaysia Mahathir Mohamad. (Al Jazeera)
dakwatuna.com – Kuala Lumpur. Pemerintah Malaysia dengan tegas menolak memberi izin bagi atlet renang Israel untuk berpartisipasi dalam Kejuaraan Dunia Para Renang 2019. Rencananya, kejuaraan ini akan digelar di kota Kuching, Malaysia pada 29 Juli hingga 4 Agustus mendatang.

Tak hanya menolak memberi izin kepada atlet Israel, Malaysia bahkan menantang penyelenggara dalam hal ini Komite Olimpiade Internasional (OIC) untuk mencabut status tuan rumah jika Israel memaksa untuk berpartisipasi.

“Jika penyelenggara ingin menarik hak Malaysia sebagai tuan rumah, silahkan saja dilakukan,” kata PM Malaysia Mahathir Muhammad, seperti dikutip dari Bernama via Aljazeera, Jumat (11/01/2019).

“Jika tim Israel tetap memaksaa untuk berpartisipasi dalam kejuaraan, maka itu hal yang salah. Kami tidak akan mengizinkan mereka masuk (ke Malaysia), jika memaksa maka itu penghinaan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Komite Olimpik Israel menentang keputusan Malaysia tersebut. Bahkan mereka menekan agar Malaysia mengeluarkan izin masuk bagi para atletnya, mengingat kejuaraan ini sangat penting untuk menyongsong Summer Paralympic Games di Tokyo Jepang tahun depan.

Sikap tegas Malaysia juga disampaikan oleh Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga negara itu. Rabu lalu ia menyebut, pemerintahnya tidak akan pernah memberikan izin bagi para atlet Israel.

Menteri menegaskan, sikap negaranya itu berdasarkan pada kebijakan internasional Malaysia yang berkaitan dengan Israel.

“Pemerintah tegas dengan sikap ini sebagai protes atas terus berlangsungnya kekejaman Israel terhadap Palestina,” tegas Menteri. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization