Home / Video / [Video] Erdogan Walk Out Saat Trump Berpidato di Sidang Umum PBB

[Video] Erdogan Walk Out Saat Trump Berpidato di Sidang Umum PBB

Erdogan dan rombongan berjalan meninggalkan ruangan sidang. (Greek City Times)
dakwatuna.com – New York. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melakukan aksi walk out saat Sidang Majelis Umum PBB ke-73 yang digelar di New York. Aksi itu dilakukan Erdogan sesaat setelah Presiden AS Donald Trump memulai pidatonya.

Banyak yang menilai, aksi Erdogan keluar dari aula sebagai imbas dari ketegangan hubungan Ankara-Washington baru-baru ini.

Selama Trump berpidato, Erdogan berdiri bersama seluruh rombongan, termasuk penjaga keamanan dan meninggalkan ruangan. 84 Kepala Negara dan 44 Kepala Pemerintahan melihat aksi Erdogan tersebut sebagai bentuk protes, menurut media Turki.

“Dalam dua tahun memimpin, aku telah mencapai lebih banyak kesuksesan daripada hampir semua pemerintahan yang ada di Amerika Serikat,” kata Trump ketika Erdogan keluar.


Klarifikasi Reporter Turki

Namun koresponden surat kabar asal Turki, Sabah, Ragip Soilu segera mengklarifikasi keluarnya Erdogan saat Trump berpidato tersebut. Menurutnya, itu bukan bentuk protes melainkan untuk persiapan, mengingat Erdogan akan berpidato setelah Trump.

“Fakta bahwa Erdogan meninggalkan ruangan pertemuan saat Trump berpidato itu tidak benar. Ia hanya berpindah ke ruangan lain, karena rencananya akan berpidato setelah Trump,” tulis Soilu di Twitter.

Tahun ini, debat politik dalam sidang Majelis Umum tingkat tinggi selama sepekan diadakan dari 25 September hingga 1 Oktober. Para pemimpin dari 196 negara, termasuk kepala negara dan pemerintah, turut ambil bagian. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Negara-negara Eropa Dukung Penuh Turki Usut Tuntas Kasus Khashoggi