Home / Berita / Internasional / Asia / Muslim Moro di Filipina Minta Turki Terus Beri Dukungan

Muslim Moro di Filipina Minta Turki Terus Beri Dukungan

Ketua MILF Haji Murad Ebrahim (berpeci). (Anadolu)
dakwatuna.com – Manila. Front Pembebasan Islam Moro (MILF) mengatakan ingin agar Turki terus memberikan dukungan. Sebelumnya, Bangsamoro di Filipina resmi mendapatkan undang-undang otonomi.

Kepada Anadolu Ajansi, Al Hajj Murad Ebrahim, Ketua MILF mengatakan secara resmi bahwa Turki merupakan pihak ketiga dalam proses perdamaian dengan pemerintah Filipina.

Ebrahim mengatakan sejauh ini sekitar 200 siswa telah menerima pendidikan di Turki. Selain itu ia juga menekankan kontribusi dari Yayasan Bantuan Kemanusiaan Turki (IHH) dan Yayasan Diyanet Turki (TDV) – yang berafiliasi dengan Direktorat Urusan Agama Turki – di wilayah tersebut.
Publik menginginkan solusi atas masalah mereka, imbuh Ebrahim.

Komunitas Muslim yang tinggal di Mindanao, Palawan, dan Kepulauan Sulu di Filipina selatan, dan pulau-pulau lain disebut Moro.

Undang-undang otonomi memungkinkan bagi Muslim Moro untuk meningkatkan pendapatan hukum dan ekonomi di wilayah tersebut. Selain juga memberikan otonomi yang lebih komprehensif kepada mereka yang tinggal di pulau-pulau di sekitar Mindanao, yang memiliki populasi Muslim yang besar.

Dengan peraturan baru, Bangsamoro – sebuah istilah kolektif untuk Muslim Filipina – pemerintahan otonom akan dibentuk.

Pemerintah pusat akan menyerahkan kekuasaan administratif di Mindanao kepada pemerintah Bangsamoro. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Sekjen PBB Bahas Perdamaian di Yaman dengan Putra Mahkota Saudi