Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Ancaman Serangan Saudi ke Qatar, Apa yang Baru?

Ancaman Serangan Saudi ke Qatar, Apa yang Baru?

Rusia tegaskan tetap pasok S-400 ke Qatar. (Aljazeera)
dakwatuna.com – Paris. Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud disebutkan mengirim surat kepada pemimpin Amerika Serikat dan Inggris. Menurut surat kabar Le Figaro, surat tersebut berisi ancaman serangan kepada Qatar, sama seperti yang dikirim kepada Presiden Prancis.

Seperti diwartakan sebelumnya, Raja Salman dikabarkan mengirim surat kepada Presiden Prancis Emmanuel Macron. Surat itu berisi ancaman Saudi untuk menyerang Qatar jika pembelian sistem pertahanan Rusia ‘S-400’ terwujud.

Awal tahun lalu, Dubes Qatar di Rusia Fahd bin Muhammad al-Attiyah mengatakan kemungkinan pembelian sistem pertahanan rudal Rusia. Bahkan ia menyebut sistem tersebut yang paling modern di dunia saat ini.

Menurut Fahd, pembicaraan negaranya dengan Rusia terkait pembelian itu dalam tahap lanjutan.

Rusia menegaskan, ancaman Arab Saudi tak akan mempengaruhi rencana pasokan sistem pertahanan S-400 ke Qatar. Hal ini disampaikan oleh Alexei Kondratiev, Wakil Ketua Komite Pertahanan di Dewan Federasi Rusia.

Kondratiev juga menilainya sebagai upaya ‘pemerasan’. Ia juga menyebut Saudi terlalu memerankan hegemoninya di Kawasan.

Lebih lanjut, Kondratiev menyebut pemasokan sistem pertahanan S-400 kepada Qatar akan memberi manfaat yang jelas bagi Doha. “Inilah yang menyebabkan ketegangan di Arab Saudi,” imbuhnya.

Kondratiev menuding sikap Saudi tersebut atas koordinasi dengan Washington. AS tidak ingin kehilangan pasar senjatanya di Kawasan, sehingga terus menekan Riyadh, jelasnya. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization