Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Deklarasi Dhaka: AS Gugur Sebagai Sponsor Perdamaian

Deklarasi Dhaka: AS Gugur Sebagai Sponsor Perdamaian

Yahudisasi Al-Quds. (islammemo.cc)

dakwatuna.com – Dhaka. Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) kembali menegaskan penolakannya terhadap klaim sepihak Amerika Serikat tentang status Al-Quds, beserta pemindahan kedutaan. OKI juga menyebut dua keputusan AS itu membatalkan peran Washington sebagai sponsor perdamaian Palestina-Israel.

Konferensi Tingkat Menteri (KTM) OKI yang digelar di Dhaka Bangladesh, menghasilkan Deklarasi Dhaka yang dirilis kemarin Ahad (06/05). Dalam deklarasi itu, OKI melimpahkan seluruh tanggung jawab kepada AS atas dampak dari pemindahan kedutaannya ke Al-Quds.

Dalam deklarasinya, para Menlu OKI menyebut klaim AS yang menyebut Al-Quds ibu kota Israel sebagai tindakan provokatif. “Hal itu juga pelanggaran terhadap situasi politik, hukum dan sejarah Al-Quds, serta pelanggaran nyata bagi resolusi dan hukum internasional,” seperti dilansir Aljazeera, Senin (07/05).

Pada 06 Desember 2017 lalu, Presiden AS Donald Trump menyebut secara resmi bahwa Al-Quds (Yerusalem) sebagai ibu kota Israel. Selain itu, Trump juga memutuskan pemindahan kedutaan dari Tel Aviv ke Al-Quds, yang rencananya akan diresmikan pada 14 Mei mendatang.

Terkait hal tersebut, KTM Oki melimpahkan semua tanggung jawab kepada pemerintahan AS. “Langkah AS itu akan berkontribusi dalam meningkatkan perseteruan dan mempromosikan kekebalan dan kekuasaan penjajahan dari sanksi.”

Lebih lanjut, Deklarasi Dhaka menyebutkan, “Langkah yang diambil AS secara otomatis menggugurkan perannya sebagai sponsor perdamaian.”

Kepada dunia internasional, OKI melalui para Menlu-nya juga menyeru agar tidak mendukung keputusan AS. “Pemindahan utusan diplomatik ke Al-Quds bentuk pelanggaran terhadap hak sejarah, hukum, alam, dan nasional rakyat Palestina, serta merusak dengan sengaja seluruh agenda perdamaian.”

KTM OKI di Dhaka Bangladesh merupakan yang ke-45 digelar. Tema konferensi kali ini adalah ‘Peran Nilai Islam dalam Perdamaian dan Pembangunan Berkelanjutan’. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 5,00 out of 5)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Opick: Jangan Berhenti Bantu Rakyat Palestina!

Figure
Organization