Home / Berita / Internasional / Asia / Liga Arab Tidak Dukung Pemerintah Separatis Selatan di Yaman

Liga Arab Tidak Dukung Pemerintah Separatis Selatan di Yaman

Pertikaian bersenjata yang terus berlangsung di Yaman (aa.com.tr)

dakwatuna.com – Yaman. Liga Arab kembali menegaskan (13/5/2017) dukungan untuk persatuan Yaman, setelah seorang mantan pejabat Yaman membentuk pemerintahan Dewan Selatan (Majlis al-Janouby) untuk memisahkan diri dari utara.

Pada hari Kamis lalu (11/5/2017), mantan gubernur kota Aden Selatan, Aidarus al-Zubaidi, mengumumkan pembentukan dewan sementara untuk menjalankan pemerintahan di Yaman Selatan.

Langkah tersebut, bagaimanapun, mendapat penolakan keras oleh pemerintah Yaman dan Dewan Kerjasama Negara-negara Teluk (Gulf Cooperation Council).

Dalam sebuah pernyataan, Sekjen Liga Arab, Ahmad Abu al-Gheit, mengatakan bahwa pihaknya “terganggu” oleh perkembangan terakhir di Yaman.

Dia mengimbau semua pihak di Yaman untuk mengutamakan solidaritas dan persatuan dalam masa sulit ini untuk menjauhkan negara itu dari risiko perpecahan.

Al-Gheit mengingatkan bahwa membentuk pemerintahan baru hanya akan menggiring Yaman pada perpecahan dan konflik dalam jangka waktu lama.

Yaman yang menderita pada saat ini tampak tetap berada dalam kekacauan sejak tahun 2014, ketika pemberontak Houthi dan sekutunya menguasai ibukota Sanaa dan beberapa bagian lain negara tersebut.

Konflik tersebut meningkat satu tahun kemudian ketika Arab Saudi dan sekutu Arabnya melancarkan serangan udara untuk menggulingkan pemerintahan Houthi dan mengembalikan pemerintah Yaman. (rem/dakwatuna)

Sumber: Anadolu Agency

Advertisements

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Anak Kembar Recep Tayyip Erdogan Ini Wafat Akibat Ledakan Bom Klaster