Home / Berita / Internasional / Asia / Menhan Inggris: Serangan Arab Saudi di Yaman untuk Membela Diri

Menhan Inggris: Serangan Arab Saudi di Yaman untuk Membela Diri

Pesawat tempur Koalisi Arab (slaati.com)

dakwatuna.com – London. Menteri Pertahanan (Menhan) Inggris, Michael Fallon mengatakan, serangan Koalisi Arab dan Arab Saudi atas Yaman adalah dalam rangka membela diri. Pernyataan itu disampaikan Fallon dalam wawancara dengan Channel BBC, Kamis (11/05/2017).

“Kerajaan Saudi berhak untuk membela dirinya, sebagaimana mereka juga berhak menyeru para sekutunya untuk melakukan hal yang sama,” kata Fallon.

Lebih lanjut, Fallon menambahkan, “Arab Saudi mendapatkan serangan dari pemberontak Hutsi di perbatasan selatan negaranya dengan Yaman. Yaitu dengan pengeboman yang dilakukan Hutsi atas beberapa kota dan desa di Arab Saudi.”

Dalam kesempatan tersebut, Fallon menegaskan sikap negaranya yang akan mempertahankan hubungannya dengan Arab Saudi. “Hubungan Inggris dan Saudi merupakan kemitraan dagang yang penting,” tegas Fallon.

Namun, Fallon enggan mengklarifikasi apakah partainya atau PM. Theresa May, akan menghentikan pernjualan senjata kepada Arab Saudi.

“Kami berbagi informasi dengan intelijen Arab Saudi tentang terorisme. Hubungan yang seperti itu sangat bermanfaat bagi kami. Setiap ekspor senjata harus tunduk pada pengawasan yang sangat ketat, yang berdasarkan pada standar kami. Itu adalah standar yang paling ketat di dunia. Tapi, kerajaan Arab Saudi berhak untuk membela dirinya,” jelas Fallon.

Perlu diketahui, pihak oposisi dan beberapa organisasi HAM mendesak pemerintahan Inggris untuk menghentikan ekspor senjata ke Arab Saudi. Terlebih setelah organisasi HAM mengungkap penggunaan bom cluster buatan Inggris oleh Arab Saudi di Yaman. (whc/arabic.sputniknews/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Mengenang 5 Tahun Tragedi Rabi’ah di Mesir

Organization