Topic
Home / Berita / Nasional / Sambut Hut RI ke-71, PT KAI Jual Tiket Seluruh Jurusan Seharga Rp 17.000

Sambut Hut RI ke-71, PT KAI Jual Tiket Seluruh Jurusan Seharga Rp 17.000

PT. KAI menghadirkan Tiket Promo dalam rangka menyambut HUT RI ke-71. (tiket.kereta-api.co.id)
PT. KAI menghadirkan Tiket Promo dalam rangka menyambut HUT RI ke-71. (tiket.kereta-api.co.id)

dakwatuna.com – Gambir.  Kabar gembira bagi anda yang ingin mengisi liburan dengan menggunakan jasa Kereta Api (KA). Pasalnya dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-71, PT Kereta Api Indonesia menghadirkan program promo tiket murah untuk semua KA jarak jauh dan menengah.

Dalam program bertajuk Merdeka itu tiket dijual sangat murah, yakni Rp 17.000 per tiket yang berlaku selama sehari, yakni keberangkatan KA pada tanggal 17 Agustus 2016.

Seluruh tiket tersebut dapat dipesan sejak tanggal 11 Agustus hingga 17 Agustus 2016 di loket penjualan di stasiun online, Contact Center 121, channel eksternal penjualan tiket PT KAI, aplikasi KAI Access, dan internet reservation.

“Dalam program promo ini, pengguna jasa KA dapat menikmati tarif promo sebesar Rp 17.000 berlaku untuk semua kelas KA. Masyarakat yang ingin mendapatkan tiket promo “Merdeka” dapat melakukan pemesanan tiket mulai dari tanggal 11 hingga17 Agustus 2016,” jelas Senior Manager PT KAI Daerah Operasi (Daop) Satu Jakarta, Bambang Setiyo Prayitno sebagaimana dilansir tribunnews.com

Dalam program tersebut, lanjutnya, PT KAI mengalokasikan 71 tiket promo untuk setiap KA. Tiket promo ini tidak dapat ditunda atau dibatalkan, serta tidak dapat digabung dengan reduksi atau promo lainnya.

PT KAI juga memberlakukan pembatasan barang bawaan/bagasi bagi penumpang.

Penumpang yang membawa bagasi wajib mematuhi ketentuan yakni berat maksimal bagasi untuk tiap penumpang yakni 20 Kg dengan volume maksimum 100 dm3 (70cm x 48cm x 30cm).

Apabila barang bawaan penumpang melebihi ketentuan, maka penumpang akan dikenakan tarif atas kelebihan berat bagasi sebesar Rp 10.000/kg (eksekutif).

Sedangkan untuk kelas bisnis dan ekonomi tarif kelebihan berat bagasi sesebar Rp 6.000/kg dan Rp 2.000/kg.

Disamping itu semua penumpang wajib melakukan pemeriksaan bagasi di stasiun.

Setiap penumpang yang sudah memiliki kode booking harus melakukan check-in dan mencetak boarding pass di Check-In Counter yang sudah ada di enam stasiun di wilayah Daop 1 Jakarta antara lain stasiun Gambir (12 Check-In Counter), Pasar Senen (16 Check-In Counter), Cikampek, Bekasi, Rangkasbitung, serta Tanah Abang (masing-masing 1 Check-In Counter).

Bagi anda yang masih bingung cara melakukan check in dan boarding pass di stasiun kereta api, berikut langkah-langkahnya sebagaimana dikutip dari kompas.com

1. Jika Anda telah membeli tiket kereta api, cari mesincheck-in.

Check-in dilakukan dengan cara mengetikkan kode booking yang tercantum pada bukti transaksi pembelian tiket di mesin check-in mandiri. Mesin akan mengeluarkan boarding pass yang mencantumkan nama dan ID penumpang, kode booking, dan nama KA beserta tujuan dan jadwal keberangkatan.

2. Setelah boarding pass keluar, itulah tanda bukti tiket yang akan diperiksa oleh petugas stasiun.

Saat boarding jangan lupa membawa kartu identitas sesuai dengan yang tertera di boarding pass. Petugas akan melakukan verifikasiboarding pass dengan perangkat scanner serta memeriksa kecocokan data dengan kartu identitas asli penumpang.

3. Pasca-pemeriksaan boarding pass.

Anda bisa menunggu kedatangan dan waktu keberangkatan kereta api di ruang tunggu sampai pengumuman resmi dari pihak stasiun.

4. Saat berada di dalam kereta api.

Pastikan Anda duduk sesuai dengan nomor gerbong dan kursi yang tertera di boarding pass.

5. Tunjukkan boarding pass

Simpan boarding pass dan tunjukkan kepada petugas di dalam kereta saat pemeriksaan tiket kereta api.

Sebagai catatan, penumpang yang membeli tiket go show setelah mendapatkan tiket, penumpang tetap harus melakukan check-in pada mesin check in mandiri untuk mencetak boarding pass. Setelah berhasil mencetak boarding pass, maka penumpang dapat segera menuju boarding gate untuk pemeriksaan identitas.

Stasiun-stasiun yang telah menerapkan sistem check in, mesin cetak tiket mandiri sudah tak tersedia. Sementara, stasiun-stasiun yang belum menerapkan sistem check-in, sistem cetak tiket fisik (tiket biru) tetap dilakukan via mesin Cetak Tiket Mandiri. (SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Komunitas Muslim Jerman Minta Aparat Jaga Seluruh Masjid

Figure
Organization