Home / Berita / Nasional / Kak Seto Beberkan Kronologis Kebakaran di Kantor Komnas PA

Kak Seto Beberkan Kronologis Kebakaran di Kantor Komnas PA

Ketua Komnas Perlindungan Anak Seto Mulyadi membeberkan knronologis kebakaran di kantor komnas PA. (liputan6.com)
Ketua Komnas Perlindungan Anak Seto Mulyadi membeberkan knronologis kebakaran di kantor komnas PA. (liputan6.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Ditengah ramainya pembicaraan tentang kasus pembunuhan yang dialami seorang anak bernama Engeline, terjadi kebakaran di kantor Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA).

Kebakaran yang terjadi pada Sabtu (28/6/15) jam 20.11 WIB tersebut telah menghanguskan ruang data dan ruang Sekretaris Jenderal Komisi Nasional Perlindungan Anak. Kebakaran tersebut terjadi di sisi kanan bangunan kantor Komnas Perlindungan Anak di Jalan TB Simatupang, Jakarta Timur.

Dikutip dari tempo.co, Berikut kronologis kebakaran menurut Ketua Komnas Perlindungan Anak Seto Mulyadi, yang akrab disapa Kak Seto.

1. Usai Magrib atau setelah pukul 18.30 WIB, Caca, pegawai Kementerian Sosial yang bekerja dan bertempat tinggal di Kantor Komisi Nasional Perlindungan Anak, meninggalkan kantor menuju Rumah Sakit Pasar Rebo yang hanya berjarak beberapa ratus meter dari lokasi.

2. Saat berada di rumah sakit, Caca menerima telepon dari seseorang yang mengabarkan kantor Komnas Perlindungan Anak terbakar. Informasi ini diterima Caca sekitar pukul 20.11 WIB.

3. Awalnya Caca sempat tidak percaya kejadian tersebut karena dia baru saja meninggalkan kantor dengan kondisi aman.

4. Kembali ke kantor, Caca menemukan sisi kanan bangunan kantor sudah dalam keadaan terbakar.

5. Sekembalinya ke kantor, respons pertama yang dilakukan Caca adalah mematikan aliran listrik kantor tersebut karena instalasi kelistrikan masih menyala saat api sudah membakar bangunan.

6. Caca kemudian mencopot dan mengambil dua tabung gas yang berada di ruang dapur. Tindakan ini, menurut Seto, adalah upaya menghindari terjadinya ledakan api akibat tabung gas. Caca memastikan bahwa api bukan berasal dari ledakan kompor atau tabung gas.

7. Usai mengamankan tabung gas dan listrik, Caca berusaha mengambil air dan mematikan api dengan peralatan yang ada.

8. Caca kemudian berusaha menyelamatkan tiga mobil yang terparkir di sisi kiri bangunan. Caca mengambil kunci mobil, tapi satu di antara kunci tersebut terjatuh dan tidak berhasil ditemukan.

9. Caca bersama dengan warga setempat berusaha memindahkan ketiga mobil yang terparkir. Kendaraan pertama yang berada paling belakang terpaksa dipecahkan kacanya karena kuncinya hilang. Kendaraan tersebut berusaha dikeluarkan warga dengan cara mendorong. Lalu dua kendaraan lainnya berusaha dikeluarkan menuju jalan raya.

Seto mengatakan api berhasil dipadamkan petugas sekitar pukul 22.00 WIB. Ia mengatakan api membakar total seluruh data yang terdapat di ruang data dan ruang Sekretaris Jenderal.

Banyak pihak yang menilai bahwa sangat kuat keterkaitan antara kebakaran yang terjadi di kantor Komnas PA dengan kasus pembunuhan Engeline yang saat ini memang sedang ditangani Komnas PA.

Bahkan Ketua Komnas, Arist Merdeka Sirait juga menduga ada keterkaitan dengan kasus terbunuhnya Engeline Margreith yang saat ini sedang diperjuangkan oleh Komnas PA

“Jadi ini diduga ada keterkaitan sama kasus Engeline yang lagi diperjuangin sama Komnas PA,” kata Arist seperti dikutip dari viva.co.id.

Arist menambahkan, dalam waktu dekat, ia akan berkoordinasi dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk menanyakan terkait kebakaran tersebut. Ia memastikan, proses investigasi akan berlangsung secara berulang. Terlebih saat ini Polsek Pasar Rebo telah membawa saksi untuk diperiksa. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Duduk Berdampingan dengan Menlu Yaman, Netanyahu: Kami Ukir Sejarah

Organization