Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Bisakah Rumah Mungil Saya Diubah Jadi Rumah Seperti Istana?

Bisakah Rumah Mungil Saya Diubah Jadi Rumah Seperti Istana?

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Gambar model
Gambar model

dakwatuna.com – Pak Andan di dakwatuna.com, saya memiliki rumah kecil di sudut jalan. Rumah tersebut sebenarnya satu lantai. Namun ada sedikit dak beton di belakang bangunan. Saya ingin buat rumah ini jadi 2 lantai penuh.

Saya suka sekali dengan rumah yang seperti istana. Kebutuhan ruangnya ada 2 kamar tidur di bawah. Kamar mandi utama yang luas. Ruang keluarga dan ruang makan yang bergabung hingga terasa lapang. Dapur yang agak terpisah jadi masak bisa lebih nyaman. Taman di dalam dan mushalla dekat taman. Ruang tamu bisa di teras saja. Karena jika tamu sudah dekat, berarti keluarga. Hingga saya tidak perlu ruang tamu secara khusus. Dari dapur saya ingin ada lubang seperti loket karcis, hingga seperti ada hubungan dengan ruang makan.

Di lantai 2 saya ingin ada 1 kamar tidur, wc, ruang duduk atau ruang keluarga, ruang cuci jemur, void yang besar untuk melihat ke bawah, ruang cuci jemur dan balkon.

Saya ingin tidak banyak bongkar. Namun rumah istana tetap dapat saya peroleh. Dengan tiang balkon yang tinggi besar, jendela lantai 2 menggunakan balkon kecil dan unsur profile tembok yang megah. Hingga rumah sudut saya terasa lebih lapang dan besar.

Demikian pertanyaan saya. Terima kasih atas perhatian Pak Andan, jika ada waktu silahkan visit ke rumah di Bekasi. Jadi suasana lapangan akan lebih detail lagi Pak Andan dapatkan. Karena rumah lama tersebut sudah lama tidak ditempati.

Terima kasih juga kepada dakwatuna yang telah menampilkan gambar rumah saya.

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.

Agus – Bekasi

Wa’alaikum salam wa rahmatullaahi wa barakaatuh

AGUS VILA MUTIARA - DS 1 - DENAH AWALPak Agus di Bekasi, beserta segenap netters dakwatuna yang saya hormati. Melalui media ini saya turut menyampaikan rasa prihatin saya kepada saudara – saudara kita sebangsa dan setanah air di Mentawai yang tengah dilanda gempa. Semoga Allah beri kesabaran dan ketabahan. Mari kita tingkatkan iman dan takwa. Agar kita senantiasa dilindungi Allah Sang Penguasa alam semesta.

AGUS VILA MUTIARA - DS 1 - DENAH LANTAI 1Pak Agus, alhamdulillah saya juga warga Bekasi. Walaupun perbatasan. Karena Pondok Gede berbatasan dengan Jakarta Timur. Bahkan jika geser ke belakang sedikit, wilayah saya bertemu dengan pinggiran Bogor. Saya akan jadwalkan untuk visit ke rumah Pak Agus.

AGUS VILA MUTIARA - DS 1 - DENAH LANTAI 2Pak Agus dan netters sekalian, gambar yang saya tampilkan ini adalah desain pertama. Nanti setelah diskusi lebih lanjut di lapangan sangat mungkin terjadi desain berubah menjadi desain ke 2 atau ke 3. Tergantung dari hasil final nya nanti.

AGUS VILLA - DS 1 fasad view 3Desain hemat ini benar – benar memanfaatkan bangunan lama. Ruang cuci jemur di lantai 2 adalah cor dak beton lama. Jadi lantai 2 yang merupakan bangunan baru hanyalah ruang duduk, balkon, kamar mandi dan kamar tidur.

AGUS VILLA - DS 1 fasad view 4Untuk lantai bawah bagian muka bangunan menggunakan tembok lama. Tembok ruang tidur utama terpaksa saya majukan agar lebih lapang. Dengan taman di depan dan belakang kamar tidur, maka kenyamanan ruang tidur utama benar – benar baik sekali. Ditambah tembok pagar di halaman membuat privacy rumah menjadi semakin baik.

AGUS VILLA - DS 1 INTERIOR VIEW 1Di tengah ada ruang makan dan ruang keluarga yang menyatu. Karena tangga nya saya buat menggantung di pinggir dan tengah ruang, maka suasana rumah tetap terasa lapang dan lega. Di tambah taman di samping tangga membuat rumah ini serasa menyatu dengan hijau daun dan rumput segar.

AGUS VILLA - DS 1 INTERIOR VIEW 2Dapur tetap saya pisah, hingga akses service menjadi mudah dan ruang tidur tamu bisa menggunakan tembok rumah lama. Ditambah pula kamar mandi lama tidak dibongkar, maka rumah lantai 2 ini tetap murah untuk dikerjakan.

AGUS VILLA - DS 1 INTERIOR VIEW 3Alhamdulillah, selesai sudah rumah seperti istana ini. Walaupun awalnya saya agak bingung mengartikan rumah seperti istana. Namun setelah di cari ke google, ternyata rumah seperti istana itu adalah rumah dengan gaya klasik. Menggunakan tiang dan pilar yang besar. Lengkap dengan ornamen detail profil dan balkon yang anggun.

AGUS VILLA - DS 1 INTERIOR VIEW 4Demikian penjelasan saya Pak Agus. Semoga bisa diterima Desain saya. Jika tidak akan saya sesuaikan nanti di lapangan. Disesuaikan dengan dana yang ada. Disesuaikan pula dengan kondisi existing. Dan disesuaikan pula dengan selera pribadi tuan rumah.

Semoga bermanfaat artikel ini. Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.

Andan Nadriasta, ST

Kirimkan email pertanyaan, order desain atau pelaksanaan ke: [email protected]

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Didiskriminasi Saat Wawancara Kerja, Seorang Muslimah di Swedia Dapat Kompensasi

Organization