Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Bisakah Rumah Kecil Saya di Renovasi Secara Bertahap?

Bisakah Rumah Kecil Saya di Renovasi Secara Bertahap?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

ARDIANSYAH DS 3 - VIEW 3dakwatuna.com –

 

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Pak Andan di dakwatuna, saya memiliki rumah kecil. Tanah nya hanya seluas 70 m2. Saya ingin renovasi rumah menjadi 2 lantai. Di atas saya ingin ada 2 kamar tidur anak, 1 kamar tidur utama, 1 kamar mandi, ruang cuci jemur dan gudang jika memungkinkan.

Di bawah kalau bisa tidak terlalu berubah banyak. Hingga hemat biaya. Namun memang ada beberapa desain yang kurang pas. Seperti gudang dan dapur yang sempit. Lalu di bawah juga gelap karena tidak ada cahaya masuk.

Demikian pertanyaan saya. Jika ada waktu saya ingin Pak Andan visit ke rumah. Karena akan lebih detail lagi penjelasan dari saya. Serta kondisi nya sesungguhnya akan lebih nampak dengan jelas. Karena jika ternyata dana terbatas, saya ingin merenovasi nya secara bertahap.

Terima kasih atas perhatian Pak Andan dan dakwatuna.com

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Ardiansyah – Serpong

 

Jawaban:

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Netters dakwatuna sekalian, apa kabar anda semua? Semoga Allah senantiasa mencurahkan berkah rahmat dan hidayah – Nya pada kita semua. Kali ini kita akan membahas rumah Pak Ardiansyah di Serpong. Sebuah tantangan yang menarik, karena keterbatasan lahan yang ada serta penyeseuaian terhadap bangunan lama yang sudah terlanjur di renovasi.

Memang sering kali karena awam nya kita tentang bangunan, maka rumah di renovasi tanpa panduan desain. Banyak orang beranggapan hal ini akan jauh lebih hemat. Namun kenyataannya justru sebaliknya. Tanpa panduan desain justru biaya membengkak dan tidak dapat terkontrol biaya nya.

Ada baiknya memang bersabar sebentar dengan berkomunikasi dengan arsitek. Hingga setelah kita dapatkan gambar final yang telah melalui tahapan – tahapan konsultasi, kita akan memperoleh desain yang baik yang sangat berguna bagi tukang di lapangan dan sangat berguna untuk mengatur pembiayaan pelaksanaan pembangunan. Untuk itu mari kita simak arus komunikasi saya dengan Pak Ardiansyah yang sudah saya rangkum berikut ini.

Pak Ardiansyah yang saya hormati,  saya buat beberapa desain alternatif. Karena dengan alternatif desain ini kita akan memperoleh hasil yang terbaik.

Desain pertama memang saya lakukan dengan mengabaikan survey lapangan. Hingga saya hanya berusaha berhemat dengan tidak membongkar ruang tidur di bawah. Lalu saya masukkan taman di belakang. Kemudian lantai 2 saya atur kamar anak ada di depan semua. Dan kamar tidur utama saya dudukkan tepat di atas ruang tidur di bawah nya. Hingga pola struktur hemat.

Namun setelah saya survey ke rumah Pak Ardiansyah di Serpong, lahirlah desain ke 2. Perubahan utama nya adalah karena ada dak beton lama yang menggantung di atas carport. Hingga area ini saya manfaatkan untuk ruang tidur utama dan balkon depan. Lalu kamar tidur anak saya pindah ke belakang. Dengan struktur yang bersebelahan akan membuat pola pembangunan hemat.

Setelah desain 2 jadi, ternyata ada masukan lagi dari Pak Ardiansyah mengenai pola tangga dan kegiatan pengajian. Berdasarkan data tersebut maka saya ubah lagi jadi desain ke 3. Tangga saya pindah ke dekat ruang tamu. Hingga ruang keluarga yang berhubungan dengan area carport dan kamar mandi menjadi lapang.

Area yang lapang ini lah yang saya jadikan ruang keluarga yang bisa diubah fungsi menjadi ruang pengajian. Ketika ada pengajian, keluarga masih bisa masuk melalui ruang tamu. Dapur juga aman, agak terpisah karena tidak langsung bercampur dengan ruang keluarga dan ruang makan.

Karena tangga saya letakkan di area ruang makan, maka ruang keluarga benar – benar lapang. Hal ini juga berimbas ke pola atap yang hemat. Di atas ruang tamu cukup void saja. Tidak perlu dak beton. Hingga tangga bisa mengikuti kemiringan atap.

Sirkulasi hawa juga menjadi baik. Karena ada ruang cuci jemur yang memiliki void ke ruang keluarga. Void di belakang juga semakin menambah hawa segar. Karena ke dua void ini dapat di masuki cahaya dan angin segar.

Untuk tampak muka desain ke 3 ini jelas lebih hemat di bandingkan desain 1. Karena hanya menggunakan atap setengah kuda – kuda. Menerus dari belakang ke depan. Dengan kemiringan atap hanya 12 derajat, atap spandek yang ringan dan dinding sopi – sopi atap yang landai, membuat pola renovasi rumah Pak Ardiansyah menjadi lebih hemat.

Untuk pola tahapan renovasi nya kita bisa mulai dari ruang tidur utama dan ruang tidur anak. Kamar mandi dan ruang tidur anak yang di belakang dibiarkan terbuka dulu seperti dak jemur. Kemudian finishing nya bisa ditunda juga. Seperti pekerjaan keramik , cat dan pelesteran aci bisa masuk pada tahap berikutnya. Nah, dengan pola ini kita bisa memulai renovasi dengan biaya minim. Namun kita tetap punya panduan final gambar desain rumah kita secara lengkap.

Alhamdulillah, selesai sudah 3 alternatif desain renovasi rumah mungil 2 lantai ini. Pola tahapan desain nya saya beri kode ds 1 , ds 2 dan ds 3. Kode ds itu artinya desain. Semoga desain ini bermanfaat bagi kita semua.

Demikian Pak Ardiansyah, sementara ini dulu penjelasan desain saya. Untuk pembahasan lebih detail nya akan saya sampaikan lagi di rumah bapak pada pertemuan ke dua. Hingga kelak pelaksanaan nya menjadi murah meriah, namun tetap cantik dan indah. (sbb/dakwatuna)

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Andan Nadriasta, ST

Kirimkan pertanyaan / order desain / pelaksanaan pembangunan ke : [email protected]

Ardiansyah - Serpong - DS 3 - denah renovasi lt. 1, lt. 2 dan denah awalArdiansyah - Serpong - DS 3 - interior lt. 1 view 1Ardiansyah - Serpong - DS 3 - interior lt. 2 view 2ARDIANSYAH DS 3 - VIEW 6ARDIANSYAH DS 3 - VIEW 3ARDIANSYAH DS 3 - VIEW 5

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.

Lihat Juga

Sumber: Emir Qatar Tidak Akan Hadir KTT Teluk 2018 di Riyadh

Organization