Topic
Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Saya Ingin Renovasi Rumah Mungil 2 Lantai, Bisakah Dibuat Model Minimalis Modern?

Saya Ingin Renovasi Rumah Mungil 2 Lantai, Bisakah Dibuat Model Minimalis Modern?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

ati desain 3 view 4dakwatuna.com – 

 

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Pak Andan di dakwatuna.com , saya memiliki rumah satu lantai yang ingin di renovasi jadi 2 lantai. Saya ingin ada 2 kamar tidur di bawah, 1 kamar tidur di atas, kamar mandi lama jangan di bongkar agar hemat biaya, dapur ada di belakang agar istri masak lebih nyaman, ruang cuci jemur ada di atas agar cepat kering, ruang duduk yang lega di lantai 2 dengan pandangan ke muka rumah, carport dan parkir untuk motor.

Bisakah rumah mungil saya di renovasi dengan gaya minimalis modern ? Agar rumah tampil lebih segar. Dan jika Pak Andan ada waktu , bisa mampir ke Karawang untuk melihat langsung rumah yang akan kami renovasi. Agar datanya lebih akurat lagi.

Demikian pertanyaan kami. Terima kasih atas perhatian nya.

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh

Atik – Karawang

 

Jawaban:

Wa’alaikum salam wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Pak Atik di Karawang beserta netters dakwatuna yang saya hormati, rumah mungil memang menjadi permasalahan utama dalam renovasi. Mengapa ? Karena lahan nya sangat terbatas. Jika lahan nya luas, tentu tidak akan repot mengaturnya.

Di sinilah perlu nya kita membuat desain dengan teliti. Di sinilah perlunya konsultasi ke arsitek. Hingga dana yang ada justru dapat lebih optimal. Hingga pola renovasi nya malah menjadi lebih hemat. Bahkan desain akhir nya akan jadi cantik dan baik.

Bukan berarti owner tidak boleh membuat desain sendiri, boleh – boleh saja. Namun sering kali tidak sesuai dengan kaidah arsitektur. Dan sering kali bahkan biaya nya membengkak. Wajar saja, karena owner tidak dibekali ilmu bangunan yang memadai.

Nah, jika kita bisa bersabar untuk meraih desain arsitek, in sha Allah bangunan yang di renovasi akan menjadi cantik dan baik. Jika kita mau meluangkan waktu sebentar untuk bertemu arsitek, tentu kita akan mendapat arahan yang berguna.

Seperti rumah Pak Atik di Karawang ini. Kamar mandi lama saya pakai lagi, lalu di atas nya saya buat juga kamar mandi. Bekas ruang tidur lama di belakang saya jadikan dapur. Hingga tembok nya tidak perlu saya bongkar. Bekas dapur lama saya ubah jadi ruang tidur.

Untuk ruang tidur utama saya letakkan di depan, agar lega dan lapang desain nya. Tangga saya  letakkan di tengah  ke 2 ruang tidur di lantai 1. Hingga ruang tengah menjadi hangat. Menyatu dengan aktivitas keluarga. Sekaligus menjadi area tangga menuju ke lantai 2.

Carport saya letakkan menerus dengan ruang tamu. Hingga pintu masuk utama menjadi lapang. Ditambah dengan area parkir motor di samping carport, akan membuat muka rumah menjadi lapang. Karena bukaan rumah akan lega.

Kondisi lega dan lapang ini semakin terasa karena saya meletakkan ruang duduk lantai 2 menghadap ke depan. Jadi benar – benar lapang rumah ini. Apalagi ada void tangga di tengah ruang. Suasana tinggi dan lapang di plafond membuat rumah adem dan sejuk.

Dengan permainan warna cerah, cor dak beton atap garasi, pet beton jendela, aksen tembok bergaris serta tiang putih di depan membuat gaya rumah Pak Atik menjadi minimalis modern. Rumah masa kini yang  tampil trendi.

Alhamudulillah, selesai sudah rumah Pak Atik di Karawang. Insya Allah saya jadwalkan silaturahim ke rumah Pak Atik. Agar desain nya bisa lebih akurat. Agar data rumah lama dapat saya peroleh secara lengkap dan terperinci.

Demikian desain kita kali ini. Semoga Pak Atik dan keluarga semakin dilapangkan rezki nya oleh Allah. Hingga rumah ini dapat segera terwujud.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa baarakaatuh

Andan Nadriasta , ST

Kirimkan email pertanyaan / order desain / pelaksanaan ke : [email protected]

ati desain 3 denah awalati desain 3 denah lt dasarati desain 3 denah lt atasati desain 4 view potongan 2ati desain 4 view 8ati desain 4 view 3ati desain 3 view 3ati desain 3 view 7ati desain 3 view 4

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Andan Nadriasta, ST
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization