Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / DK PBB Kecam Penyerangan Kedubes Saudi di Teheran

DK PBB Kecam Penyerangan Kedubes Saudi di Teheran

Dewan Keamanan PBB. (aljazeera)
Dewan Keamanan PBB. (aljazeera)

dakwatuna.com – New York. Dewan keamanan PBB, Selasa (5/1/2016) hari ini, mengecam aksi penyerangan kantor kedutaan besar Arab Saudi di Teheran. Sementara duta besar Arab Saudi di PBB, Abdullah Al-Moallimi, menyebut penyerangan ini sebagai pelanggaran yang sangat serius.

Dalam pernyataannya, DK mengungkapkan kekhawatirannya terhadap penyerangan kantor kedubes Arab Saudi di Teheran. DK meminta Iran untuk berkomitmen memberikan perlindungan kepada gedung-gedung diplomatik dan konsulat sebagai sebuah komitmen internasional.

Sebelum dikeluarkannya pernyataan DK ini, Abdullah Al-Moallimi sempat menyatakan bahwa Arab Saudi tidak butuh permintaan maaf Iran. Yang dibutuhkan adalah perbuatan bukan perkataan. Permintaan maaf Iran tidak berarti apa-apa bagi Saudi.

Menurutnya, masyarakat dunia sudah sepakat menilai Iran gagal dalam melindungi kantor perwakilan diplomasi negara sahabat.

Al-Moallimi juga meminta Iran tidak melakukan intervensi permasalahan dalam negeri negara-negara Arab. “Iran harus menghormati prinsip bertetangga yang baik. Kembali normalnya hubungan diplomatik Saudi-Iran tergantung kepada perubahan sikap Iran.”

Sebelumnya diberitakan bahwa Iran mengirimkan surat ke DK menyatakan penyesalannya terkait kejadian penyerangan kedubes Saudi. Iran berjanji tidak akan terulangnya hal-hal seperti ini. (msa/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization