Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / CNN: Saudi Siap Menyambut Hari Bersejarah

CNN: Saudi Siap Menyambut Hari Bersejarah

Calon pemilih wanita dalam pemilu Saudi. (cnn)
Calon pemilih wanita dalam pemilu Saudi. (cnn)

dakwatuna.com – Riyadh. Situs media Amerika Serikat, CNN, Jumat (22/8/2015) kemarin, menyebut pemilu Arab Saudi mendatang adalah hari bersejarah bagi kerajaan ini. Pada pemilu yang akan diselenggarakan Desember mendatang, Saudi menetapkan hak kaum wanita ikut serta memilih.

Menurut CNN, pemilu Saudi mendatang adalah kesempatan pertama bagi kaum wanita untuk turut dalam menyampaikan aspirasinya. Sebelumnya, pada tahun 2011, Raja Abdullah bin Abdulaziz mengeluarkan keputusan yang membolehkan kaum wanita turut dalam kehidupan politik.

Lalu pada tahun 2013, raja, yang meninggal dan digantikan Raja Salman ini, mewajibkan adanya perwakilan kaum wanita dalam Majelis Syura dengan persentase 20%.

Sementara itu, mulai hari kemarin, seperti diberitakan Al-Watan, telah dilaksanakan pendaftaran calon pemilih yang akan berlangsug selama 21 hari. Setelahnya seluruh komisi pemilu di daerah akan merampungkan semua syarat yang menjadi standar pemilu demokratis.

Seluruh tempat pemungutan suara di Saudi berjumlah 1263. Terbagi dua; 839 tempat untuk pemilih kaum lelaki, dan 424 tempat untuk kaum wanita. Terdapat juga 250 tempat cadangan. (msa/dakwatuna)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Kemuliaan Wanita, Sang Pengukir Peradaban

Figure
Organization