Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Saudi Tangkap Jurnalis yang Usulkan Perubahan Sistem Kerajaan

Saudi Tangkap Jurnalis yang Usulkan Perubahan Sistem Kerajaan

Zuhair Kutbi. (today's opinion)
Zuhair Kutbi. (today’s opinion)

dakwatuna.com – Riyadh. Pemerintah Arab Saudi menangkap seorang jurnalis, Zuhair Kutbi, setelah turut dalam sebuah program televisi, dan menyampaikan perlunya diadakan reformasi politik. Kutbi mengusulkan adopsi sistem monarki konstitusional, dan dihilangkan tindakan represif dengan alasan agama dan politik.

Dalam keterangan Human Rights Watch (HRW), seperti dilansir Today’s Opinion, Senin (10/8/2015) kemarin, disebutkan bahwa peristiwa penangkapan Zuhair Kutbi oleh pemerintah terjadi setelah yang bersangkutan mengkampanyekan dilakukannya reformasi politik.

Kutbi, yang berumur 62 tahun dan berdomisili di Makkah Al-Mukarramah, ditangkap pada pertengahan bulan Juli lalu. Penangkapan tersebut terjadi setelah dirinya turut dalam sebuah program televisi yang mendiskusikan masalah reformasi politik. Penangkapan dan interogasi Kutbi, menurut HRW, tidak sesuai undang-undang. Pemerintah hanya boleh menangkap Kutbi dengan tuduhan kejahatan yang telah diundangkan. Oleh karena itu, Kutbi harus segera dibebaskan.

Pemerintah kerajaan Arab Saudi memang telah mendapatkan banyak kritikan dari berbagai lembaga internasional terkait perlindungan HAM dan kebebasan berpendapat. Namun demikian, Saudi selalu menolak adanya intervensi dalam masalah ini. Termasuk kasus Raif Badawi yang dipidana 1000 kali cambukan dengan tuduhan penistaan agama. (msa/dakwatuna)

Sumber: Today’s Opinion

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Kesembilan Kalinya, Forjim Adakan Roadshow One Masjid One Jurnalist

Figure
Organization