Topic
Home / Berita / Nasional / JK: Muslim Indonesia Patut Bersyukur dapat Berpuasa dengan Damai

JK: Muslim Indonesia Patut Bersyukur dapat Berpuasa dengan Damai

Jusuf Kalla, Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia. (detik.com)
Jusuf Kalla, Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia. (detik.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Umat Islam di Indonesia patut bersyukur karena dapat menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan aman, damai dan tenang. Tidak seperti di negara-neara yang saat ini masih terlibat konflik yang sudah barang tentu tidak dapat menjalankan ibadah Ramadhan seperti di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Wapres Yusuf Kalla saat acara buka Bersama para tokoh Islam dan pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI), akhir pekan lalu.

“Kita patut bersyukur, dapat menjalani ibadah puasa dengan aman, damai, dan harmoni. Ini merupakan berkah yang patut kita rawat dan kembangkan di masa-masa mendatang,” ujar Wakil Presiden M Jusuf Kalla seperti dikutip dari republika.co.id.  

Ketua Umum DMI tersebut kemudian menceritakan bahwa di banyak negara mayoritas Islam, wargamya tidak dapat melakukan ibadah ramadhan dengan baik dan sempurna. Itu disebabkan konflik dan peperangan yang mendera mereka.

“Kita saksikan di Suriah, Irak, Sudan, Tunisia, Yaman, Kuwait, Mesir, Libya, dan masih banyak lainnya di kawasan Timur Tengah dan Arab. Mereka dihantam badai konflik, bom bunuh diri, peperangan. Mereka tidak bisa beribadah dengan tenang dan damai,” jelas JK.

Untuk itu, Wapres Kalla meminta umat Islam dan umat beragama lain untuk terus memupuk kehidupan yang toleran dan harmoni. Menurutnya, perdamaian dan harmoni menjadi modal penting bagi pembangunan kemajuan bangsa.

“Kita jaga kondisi yang sudah baik ini. Kita sudah membuktikan bahwa Indonesia negara paling toleran di dunia. Ini tentu karunia,” tegas JK.

Konflik dan ketegangan masih terus saja berlanjut di negara-negara berpenduduk mayoritas muslim di Timur Tengah.

Baru-baru ini terjadi aksi peledakan masjid di Saudi dan Kuwait yang diklaim dilakukan oleh ISIS. (baca: Setelah Ledakkan Masjid di Saudi dan Kuwait, ISIS Ancam Akan Ledakkan di Negara Lain Jumat Depan)

Bahkan ISIS terus menebar ancaman akan melakukan aksi serupa di negara-negara lain di Timur Tengah, salah satunya adalah Bahrain. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Sambut Ramadhan dengan Belajar Quran Bersama BisaQuran

Figure
Organization