Home / Berita / Internasional / Afrika / Surat Kabar Ibrani: Di Era Mursi Israel Habiskan Anggaran Militer Hingga 70 Milliar Shekel

Surat Kabar Ibrani: Di Era Mursi Israel Habiskan Anggaran Militer Hingga 70 Milliar Shekel

Presiden Mesir terpilih, Muhammad Mursi. (islammemo.cc)
Presiden Mesir terpilih, Muhammad Mursi. (islammemo.cc)

dakwatuna.com – Kairo. Surat kabar ekonomi Israel melaporkan tentang anggaran belanja militer Israel dalam kurun waktu enam tahun terakhir.

Laporan itu menyebutkan anggaran belanja militer dalam perang 2009 sebelum meletusnya Arab Spring sebesar 61,5 milliar shekel. Jumlahnya meningkat di tahun berikutnya hingga 64,4 milliar shekel. Kemudian pada tahun 2011 dan 2012 menjadi 66,8 shekel.

Koran berbahasa ibrani ini kemudian menambahkan, pada tahun 2013 setelah Mursi dari Ikhwanul Muslimin terpilih sebagai presiden Mesir, Israel merasa cemas, khawatir Mesir akan memerangi Israel. Pada kondisi ini nominal anggaran belanja militer membengkak hingga 70 milliar shekel.

Namun semuanya berubah paska kudeta militer Mesir pada tanggal 3 Juli 2013, sejak saat itu Israel justru dapat melakukan koordinasi keamanan dengan As-Sisi hingga sekarang. Anggaran belanja militer pun dapat dihemat menjadi 62 milliar shekel. (msy/imo/dakwatuna)

Redaktur: Muh. Syarief

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Wakil Direktur Studi Informasi Alam Islami (SINAI) Mesir 2008

Lihat Juga

Palestina Tolak Rekonsiliasi Tanpa Kemerdekaan

Figure
Organization