Topic
Home / Berita / Nasional / Fahri: Indonesia Harus Miliki Sistem Pencegahan Bencana yang Kuat dan Komprehensif

Fahri: Indonesia Harus Miliki Sistem Pencegahan Bencana yang Kuat dan Komprehensif

Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah saat konferensi pers di lokasi longsor Banjarnegara, Rabu (17/12). (pks.or.id)
Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah saat konferensi pers di lokasi longsor Banjarnegara, Rabu (17/12). (pks.or.id)

dakwatuna.com – Banjarnegara. Indonesia merupakan negeri besar dengan kerawanan bencananya yang banyak. Oleh karena itu, Pemerintah harus membuat sistem pencegahan yang kuat dan komprehensif untuk mengurangi dampak bencana tersebut. Demikian disampaikan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fahri Hamzah di Posko Induk Bencana Longsor, Dusun Jemblung Desa Sampang Kecamatan Sampang, Banjarnegara.

“Pemerintah harus memproduksi alat-alat mitigasi nasional. Kita memiliki tenaga ahli dan memiliki lembaga yang mampu untuk membuat peralatan mitigasi,” kata Fahri, Rabu (17/12).

Fahri mencontohkan Lembaga Antariksa Nasional (Lapan) yang memiliki kemampuan untuk membuat satelit sendiri. Ia mengungkapkan, pihaknya akan sangat mendukung apabila pemerintah mampu memproduksi sendiri.

“Tentu kita akan sangat mendukung alat-alat yang dibuat oleh putra-putra bangsa sendiri,” ungkapnya.

Kami juga mengusulkan, lanjut Fahri, agar pemerintah memberikan anggaran penyelamatan untuk kawasan wisata. Ia menjelaskan, daerah terdampak bencana longsor saat ini merupakan daerah yang berpotensi menjadi daerah wisata.

“Jangan hanya ditonjolkan bencananya saja. Daerah Dieng dan sekitarnya ini merupakan daerah potensi wisata,” ujar politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dari NTB ini.

Menurutnya, pemerintah harus sesegera mungkin membangun infrastruktur untuk menunjang hal tersebut. Sehingga, hal itu bisa berdampak langsung terhadap kesejahteraan masyarakat. (pks/abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Buah Impor

Cina Masih Jadi Sumber Impor Nonmigas Pemerintah

Figure
Organization