Topic
Home / Berita / Nasional / Dipimpin Fahri, DPR Galang Bantuan untuk Banjarnegara

Dipimpin Fahri, DPR Galang Bantuan untuk Banjarnegara

Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah (fahrihamzah.com)
Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah (fahrihamzah.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengatakan DPR RI akan segera menggalang dana bantuan untuk membantu masyarakat yang menjadi korban musibah tanah longsor di Banjarnegara, Jawa Tengah. Dana bantuan diambil dari gaji para Pimpinan dan Anggota DPR RI.

Fahri menambahkan, program dana bantuan musibah ini sebetulnya sudah digerakkan oleh mantan Ketua DPR Marzuki Alie. Dan kini program tersebut diteruskan untuk menghimpun dana bila ada musibah yang menimpa masyarakat di seluruh daerah di Indonesia. “Kita akan mengorganisir kunjungan secepatnya. Kebetulan saya yang memimpin,” ujar Fahri seperti yang dikutip dari dpr.go.id, Senin (15/12).

Legislator asal NTB ini mengungkapkan, ada dua hal penting dalam mengorganir dana bantuan. Dana diambil dari pos gaji pimpinan dan anggota, bukan dari APBN. Hal penting lainnya, DPR segera berkoordinasi dengan pemerintah untuk mendistribusikan bantuan tersebut. “Ini gerakan yang sudah dimulai sejak zaman Pak Marzuki,” ungkapnya.

Lebih lanjut Fahri mengatakan, pada 7 Januari 2015 mendatang, pemerintah akan mengajukan APBN Perubahan. Di sinilah saatnya membicarakan pos anggaran sekaligus mitigasi bencana. Untuk soal mitigasi, Pemerintah dan DPR akan melacak berbagai lokasi rawan bencana di daerah yang seharusnya tidak dihuni masyarakat.

“Kita tidak mau masalah ini berulang terus menerus. Pemerintah harus punya pos yang besar untuk melacak terjadinya bencana. Sebelum dan sesudah musim harus ada pelacakan kepada daerah-daerah yang sudah rawan. Harus ada keberanian untuk ambil kebijakan bahwa daerah itu tidak boleh ditempati, sebab akan mendatangkan bencana yang jauh lebih besar,” pungkas politikus PKS ini. (mh/dpr/abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Ketua Parlemen Turki: Dollar Satu-satunya Sekutu AS

Figure
Organization