Topic
Home / Berita / Nasional / Pengamat: Golkar Punya Histori Tak Harmonis dengan PKB dan PKS

Pengamat: Golkar Punya Histori Tak Harmonis dengan PKB dan PKS

Kampanye Partai Golkar (inet) - (foto: merdeka.com)
Kampanye Partai Golkar (inet) – (foto: merdeka.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM) AAGN Ari Dwipayana mengatakan, Golkar akan menghadapi proses negosiasi yang alot jika ingin mengajak Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Keadilan Sejahtera untuk berkoalisi.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Golkar Hajriyanto Tohari mengakui, partainya masih melakukan penjajakan dengan sejumlah partai, di antaranya Hanura, PKB, dan PKS.

Alotnya negosiasi, kata Ari, salah satunya karena sejarah hubungan dengan kedua partai ini tak selalu harmonis. Seperti diketahui, ketiga partai ini sebelumnya ikut tergabung dalam Sekretariat Gabungan yang merupakan wadah bagi partai koalisi pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

“Golkar harus bisa meredam chemistry dan faktor historis PKB dan PKS yang tidak terlalu harmonis,” kata Ari seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (15/4/2014).

Akan tetapi, melihat perkembangan peta koalisi, ia memprediksi, Golkar fokus pada bagaimana membangun koalisi bersama partai-partai papan tengah sebelum didahului blok koalisi yang juga tengah dibangun PDI Perjuangan dan Gerindra. Faktor historis hubungan antar partai dikesampingkan.

Boarding pass untuk Pilpres ya untuk memenangkan kekuasaan. Jadi saya rasa Golkar harus lakukan berbagai upaya merampungkan koalisi,” kata Ari.

Sebelumnya diberitakan Ketua DPP Partai Golongan Karya Hajriyanto Y Thohari menyebutkan partainya saat ini semakin intensif dalam menjalin komunikasi politik dengan Partai Hati Nurani Rakyat, PKB dan PKS.

Saya ingin tegaskan bahwa pembicaraan itu sudah sangat maju, tetapi belum sampai pada kesepakatan final,” kata Hajriyanto.

Sementara, dari PKB menyatakan, terkait koalisi, partainya mengerucut pada PDI Perjuangan atau Partai Gerindra. (sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

PKS Gencar Bantu Korban Gempa dan Tsunami Sulteng

Figure
Organization