Topic
Home / Berita / Nasional / Siapa Tokoh Alternatif Capres Partai Islam?

Siapa Tokoh Alternatif Capres Partai Islam?

Pilpres 2014 - ilustrasi (Foto: beritadewan.com)
Pilpres 2014 – ilustrasi (Foto: beritadewan.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Political Communication Institute mengadakan survei  capres partai Islam Pemilu 2014. Jusuf Kalla menjadi capres paling potensial di kalangan capres utama. Selain itu, ada juga kategori capres alternatif dari kalangan Islamis.

Juara kategori capres partai Islam alternatif ini adalah Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin. Disusul Ketua ISNU Ali Masykur Musa yang juga peserta konvensi capres Partai Demokrat. Ketiga, ada Khofifah Indar Parawansa.

“Din dinilai memiliki kemampuan intelektual yang baik serta dianggap publik mampu menjadi motivator bagi persatuan umat,” kata Direktur PolcoMM Heri Budiyanto di Hotel Whizz, Jl Cikini Raya, Jakarta, Minggu (23/2/2014).

Tokoh-tokoh itu dianggap bisa menjadi pilihan capres jika partai Islam bersatu membentuk Poros Tengah Jilid II. Tokoh muda NU, Ali Masykur, juga dinilai potensial menjadi capres alternatif poros tengah II. Ali dikenal sebagai sosok yang pluralis.

“Selain itu, Ali dikenal punya kemampuan teknokrasi dan memahami manajerial masalah kenegaraan,” tutur Heri.

Khofifah dinilai sebagai perempuan cerdas berjiwa kepemimpinan. Berikut adalah urutan capres alternatif dari partai Islam.

1. Din Syamsuddin 12,7%
2. Ali Masykur Musa 10,4%
3. Khofifah Indar Parawansa 9,3%
4. Anies Baswedan 7,2%
5. KH Said Agil Siradj 3,9%
6. Jimly Ashiddiqqie 3,3%
7. Ahmad Yani 1,6%
8. KH Hilmi Aminudin 0,7%
9. Suharso Manoarfa 0,4%

Survei bertajuk ‘Capres Parpol Islam: Publik Bicara Peluang Poros Tengah Jilid II’ ini dilakukan dengan wawancara langsung kepada 1.200 responden di 29 provinsi.

Provinsi Papua Barat, NTT, Bali, dan Sulawesi Utara tidak disurvei karena jumlah pemilih partai Islam sedikit. Survei dilakukan pada 15 Januari sampai 15 Februari 2014 memakai multistage random sampling dengan margin of error sekitar 3,1 % dan tingkat kepercayaan 96,9 %. (Detik/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Din Syamsuddin Bertemu Aung San Su Ki Di Myanmar

Figure
Organization