Home / Berita / Silaturahim / PKS Gencar Bantu Korban Gempa dan Tsunami Sulteng

PKS Gencar Bantu Korban Gempa dan Tsunami Sulteng

dakwatuna.com – Luwuk.  Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi satu-satunya partai politik yang masif memberikan bantuan kepada warga yang menjadi korban gempa dan tsunami yang melanda provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), akhir September kemarin. Lewat satu komando dalam tim kepanduan PKS, para relawannya yang militan ini terus bergerak seakan tak kenal kata lelah dalam memberikan bantuan.

Bantuan yang diberikan pun beragam. Jika sebelumnya relawan PKS bersinergi dengan aparat untuk berfokus dalam pencarian mayat-mayat yang terhimpit reruntuhan serta mendirikan posko-posko pengungsian dan pengobatan bagi korban selamat di markas Daerah Pengurus Wilayah (DPW) PKS Sulteng yang beralamat Jalan Sisingamangaraja, maka kali ini, relawan PKS juga membuat dapur umum di kompleks masjid Alkhairat, Palu.

(baca: Berkhidmat Disaat Tragedi Menyapa)

Informasi ini diutarakan langsung oleh Ketua DPW PKS Sulteng, Ahmad Wahyudin, Rabu, 3 Oktober 2018, kemarin. Wahyudin menjelaskan, dapur umum PKS ini diperuntukkan khusus meracik makanan siap santap lalu menyalurkannya kepada siapa pun korban gempa dan tsunami di wilayah Sulteng. Penyaluran makanan ini, tentu saja, tanpa perlu memperlihatkan tanda pengenal, semisal kartu tanda penduduk atau pun kartu keluarga. Karena itu, dia pun meminta dukungan dari masyarakat agar dapat mengalirkan donasinya ke PKS Sulteng.

“Ayo, dukung kami, relawan PKS. Berikan sumbangan yang terbaik dari bapak-ibu sekalian, untuk kami yang berada di kota Palu, Sigi dan Donggala,” ungkap Wahyudin, ketika memantau aktivitas relawan di dapur umum.

Menariknya, dalam aktivitas yang padat merayap tersebut, posko relawan PKS Sulteng kedatangan Dr. Salim Segaf Al-Jufri. Dr. Salim sendiri merupakan Ketua Majelis Syura PKS.

Dan satu hal yang tidak pernah terlintas di benak para relawan PKS adalah, mantan Menteri Sosial Republik Indonesia ini ternyata mau menyempatkan diri untuk tidur di barak relawan PKS yang hanya beralas dan beratap terpal itu.

Dalam kunjungannya tersebut, petinggi PKS yang posisinya setara Prabowo Subianto di Partai Gerindra atau Susilo Bambang Yudhoyono di Partai Demokrat, ini sempat memberikan ceramah agama guna menguatkan mental relawan PKS dalam menjalankan misi kemanusiaan di kota Palu dan sekitarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Banggai, Iswan Kurnia Hasan, via aplikasi pesan WhatsApp menuturkan, pada Kamis, 4 Oktober 2018, DPD PKS Banggai telah menerima sumbangan yang diberikan oleh masyarakat Kabupaten Banggai. Bantuan berupa makanan, minuman dan obat-obatan itu, kata Iswan, bakal segera disalurkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan tanpa harus melalui prosedur yang runyam.

 

“Alhamdulillah, bantuan dari (warga) Luwuk sudah sampai dengan selamat di posko induk, dan akan segera kita distribusikan,” ucapnya.

Ketua Fraksi PKS di DPRD Banggai ini melanjutkan, selain bakal menyalurkan bantuan makanan dan obat-obatan, PKS Banggai juga akan memfasilitasi sebuah truk guna transportasi warga Luwuk yang tengah mengungsi di Palu dan hendak kembali ke kampung halamannya.

“Sampaikan kepada kerabat, bahwa hari ini, kami dari PKS Banggai menyiapkan sebuah truk besar untuk membawa pengungsi pulang. Bagi yang ingin pulang, silakan ke mes Pemda (Banggai) segera. Truknya berangkat siang ini. Tidak perlu pakai KTP, yang penting warga Banggai,” tegasnya.

Bantuan PKS sendiri akan terus berlanjut, menyusul datangnya relawan PKS yang berasal dari luar wilayah Sulteng dalam waktu dekat. (zul/SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

FORKOMMI dan FOKMA Malaysia Adakan Bakti Sosial untuk Korban Gempa Palu

Organization