Topic
Home / Berita / Silaturahim / Warga Butuh Hubungi Keluarga, PKPU Human Initiative Sediakan Charge Portable Saat Sumber Listrik Padam Total

Warga Butuh Hubungi Keluarga, PKPU Human Initiative Sediakan Charge Portable Saat Sumber Listrik Padam Total

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com – Donggala.  Gempa magnitudo 7,4 mengguncang Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018) telah berdampak pada terputusnya aliran listrik. Sebagaimana keterangan Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo bahwa rangkaian gempa mengakibatkan jaringan listrik terputus.

“Kondisi listrik padam juga menyebabkan gelap gulita di Palu dan Donggala. Gempa susulan masih terus berlangsung,” tambah Sutopo.

Koordinator Tim Evakuasi PKPU Human Initiative, Indra Budi Legowo yang sejak jum’at malam telah berada dilokasi, pun mengungkapkan hal yang sama. Selain adanya gempa susulan, jaringan listrik masih putus sehingga warga tidak bisa berbuat banyak, terutama dalam mengevakuasi korban.

“Kami berinisiatif menyediakan pos pengecasan baterai untuk men-charge perangkat komunikasi, agar warga terdampak dapat menghubungi keluarga atau pihak luar. Selain juga membantu penerangan saat malam hari,” ungkap Indra.

Sejak munculnya peringatan bencana, PKPU Human Initiative merespon cepat kejadian ini dengan mengirimkan tim respon dan assessment sebanyak 7 orang dari Makassar melalui jalur darat, tim tiba di Donggala pada sabtu sore hari. Bersama kementrian sosial, BNPB, tim PKPU Human Initiative ikut terjun langsung untuk membantu evakuasi parakorban.

“Berbagai kemungkinan kolaborasi dengan pemerintah baik TNI, BNPB, PT. Pelni dijajaki untuk mempersiapkan kemungkinan kemudahan akses untuk menjangkau wilayah terdampak gempa,” tutup Indra. (SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

PKS Gencar Bantu Korban Gempa dan Tsunami Sulteng

Figure
Organization