Topic
Home / 2012 / April

Arsip Bulan: April 2012

Revolusi dan Da’i

Pernahkah terpikirkan akan keberadaan kita hari ini. Akan perubahan-perubahan yang terjadi dalam hidup kita. Setidaknya hanya sedikit dari kita yang menyadari akan kehadirannya di tengah-tengah komunitas yang jauh berbeda dari masa lalu yang pernah dia miliki. Setidaknya yang sedikit ini lah yang masih tersenyum dan menikmati indahnya hari ini, karena apa yang dirasakannya saat ini adalah wujud dari mimpi yang pernah dia impikan dulu.

Baca selengkapnya »

Belajar dari Al-Faruq

Siapa yang tak kenal orang yang selalu berada di barisan terdepan dalam menumpas kemungkaran? Siapa pula yang tak kenal sosoknya yang tinggi besar, tegas dan selalu tampil berani dalam melawan musuh? Dialah Umar bin Khattab, khalifah ke-2 setelah Abu Bakar...

Baca selengkapnya »

Cintalah Rahasianya

“Akan kami perangi mereka dengan cinta” itulah kalimat yang pernah disampaikan oleh Hasan Al-Banna. Kalimat itu memberikan gambaran bahwa langkah kita dalam menyebarkan kebaikan diikuti dengan penuh kecintaan karena Allah SWT. Hal itu pun menggambarkan bahwa Islam itu lahir dengan kasih agung, cinta dari sang Khaliq untuk umat manusia. Mengayomi dan menghangatkan jiwa-jiwa yang kedinginan.

Baca selengkapnya »

Lagi-Lagi Cinta

Seorang kawan meminta saya untuk membuat tulisan dengan tema “menjaga hati”. Meskipun menjaga hati cakupannya banyak, tapi bisa saya simpulkan adalah permasalahan hati mengenai cinta. Lagi, berbicara mengenai cinta dan hati adalah dua hal yang saling bertautan. Tidak bisa dipisah. Karena jika bermain dengan hati, maka akan timbul sebuah efek yaitu cinta. Terlepas dari jenis cinta yang baik atau tidak. Maka hati memang harus selalu dijaga.

Baca selengkapnya »

Bahaya Menimbun

Tindakan menimbun harta, jasa dan enggan menjual atau memberikan kepada orang lain sedangkan masyarakat membutuhkannya yang mengakibatkan melonjaknya harga barang disebabkan persediaan terbatas, atau barang menghilang di pasaran karena ditimbun oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Perbuatan semacam itu sangat dilarang dalam Islam.

Baca selengkapnya »

“Jangan” Cium Tangan Ibumu

Sahabat sekalian, suatu waktu saya pernah menghadiri suatu acara training motivasi di kampus saat masa kuliah dahulu. Pada waktu itu ada statement trainernya yang masih saya ingat sampai sekarang. Ia berkata: “rata-rata orang sukses di seluruh dunia itu, mempunyai hubungan yang baik dengan kedua orang tuanya khususnya dengan ibunya” jadi jika kita ingin sukses maka sebelum itu yang harus diperhatikan ialah bagaimana hubungan kita dengan orang tua saat ini?

Baca selengkapnya »

Dia, Gue, Loe adalah Saudara

Kata sahabat adalah sebuah kata yang menggambarkan ikatan antara seseorang dengan orang lain yang memiliki makna khusus di dalamnya. Biasanya kata sahabat dikenakan untuk seseorang yang dekat dalam kehidupannya, menjadi kawan seperjuangan dalam masanya, menjadi tempat tumpah kisah di dalamnya, menjadi semangat dalam kelemahannya dan menjadi makna kala dalam kehilafnya.

Baca selengkapnya »

*) Syarat dan Ketentuan Berlaku

Aku tak ingat siapa yang pertama kali memulai, tapi aku ingat sekali kesimpulan dari obrolan tentang poligami ini. Kalau mau jujur, sebenarnya aku tidak terlalu tertarik dengan obrolan bertema poligami. Bukan apa-apa, yang sudah-sudah, karena keawaman masing-masing, obrolan semacam ini kadang berlanjut dengan debat yang tak berkesudahan, tanpa kesimpulan.

Baca selengkapnya »

Karena Kebaikan-Nya Nafasmu

Nikmat Tuhanmu yang manakah yang kau dustakan? Saat sesak langkah payahmu tertapak bangga dicinta semesta, lalu tawamu ceria sementara dalammu DIA entah dimana. Sejak hanya tangis yang bisa kau gunakan di antara tawa riang untukmu, tiadalah itu selain mula penghormatan atas awal kebaikan aturan-Nya.

Baca selengkapnya »
Figure
Organization